www.beningpost.com

Pesatnya perkembangan Korea Selatan tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Indonesia, tapi juga menjadi magnet bagi para masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di Korea Selatan.

Setiap tahunnya jumlah calon tenaga kerja asal Indonesia cendrung meningkat, jumlahnya dapat mencapai 4000 orang tiap tahunnya. Para calon tenaga kerja berasal dari berbagai latar pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Kejurusan, lulusan BLK, Politehnik dan perguruan tinggi. 

Para calon tenaga kerja sebelumnya harus dapat lolos tes bahasa Korea atau biasa disebut EPS TOPIK agar dapat mulai bekerja di Korea Selatan.

Untuk membantu para calon tenaga kerja asal Indonesia dapat lolos tes EPS TOPIK, KLC sebagai perusahaan Konsultan Traning dan Edukasi bekerja sama dengan Hanijemi perusahaan Edukasi Literasi asal Korea Selatan menerbitkan buku EPS TopiK, “Test Employment Permit System Test of Proficiency Korea”. 

Buku ini terdiri dua pokok bahasan yaitu Materi Ajaran dan Materi Tes, dalam buku ini diajarkan bagimana cara belajar cepat dan cara agar dapat lulus dengan baik dalam EPS Topik khususnya bagi para peminat bahasa Korea yang ingin bekerja  di Korea Selatan. 

Di dalam buku ini terdapat 30 Chapters (EPS TOPIK 1) dan 20 Chapters (EPS TOPIK 2) , terdapat 3 (tiga) Mock test. Materi buku ini fokus pada Vocabulary, Practice, Listening Practice, Reading Practice dan Grammar ( EPS TOPIK 2) 

“Kita sadar dalam era globalisasi bahasa menjadi alat utama dalam menjalin komunikasi dengan negara asing. Dengan menguasai Bahasa, dunia menjadi kecil sejalan dengan perkembangan teknologi kominikasi dan informasi,” ungkap Eka Mutya Yuliandarin, Direktur Utama dari KLC

Khususnya bagi  Indonesia, banyak produk-produk dan Investor Korea dalam berbagai bidang berkembang pesat di Indonesia, banyak pengusaha dan investor serta tenaga kerja Korea Selatan bekerja dan fasih berbahasa Indonesia .

“Sementara itu sebaliknya di negara asalnya Korea Selatan, banyak membutuhkan tenaga-tenaga kerja dari luar negaranya untuk bekerja di Korea Selatan,” lanjutnya

Buku EPS Topik ini nantinya dapat dibeli di toko buku seperti Gramedia, Gunung agung, TM BookStore, Periplus, Aksara, Bukupedia, Karisma, Buku Kita, Eureka Book House. Selain offline buku ini akan dipasarkan secara online.

“Dengan EPS Topik kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan atau beasiswa di Korea Selatan semakin terbuka lebar, buku ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lulus tes EPS Topik,” ujar Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D. Pedagogigs (Profesor Lucy Bae)

“Kesempatan untuk bekerja di Korea Selatan terbuka lebar untuk semua orang, untuk itu jangan ragu untuk mencoba dengan mengikuti EPS Topik,” imbuhnya

Kehadiran Hanijemi di Indonesia juga didukung oleh KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) dalam kegiatan promosi produk-produk Korea Selatan.

“Buku ini merupakan sebuah awal yang mudah untuk merasakan Korea Selatan. Melalui program ini dapat belajar bahasa Korea dan dapat merasakan budaya Korea Selatan,” ungkap Mr. Kim Byungsam dari Kotra 

Dengan diluncurkannya buku EPS Topik diharapkan hubungan Indonesia dan Korea Selatan dapat semakin baik dengan adanya pekerja asal Indonesia di Korea Selatan dengan kemampuan yang baik. Diharapkan pula kedua negara ini dapat saling membagi pengetahuan melalui para pekerjanya sehingga dapat saling mendukung dalam kemajuan bangsa. 

(rr/Syam)