SD Times

Red Hat, Inc. (NYSE: RHT), penyedia solusi open source terkemuka di dunia, belum lama ini telah mengumumkan peluncuran Red Hat Ceph Storage 3, suatu upgrade besar dari platform penyimpanan objek software-defined yang sangat skalabel tersebut dengan penambahan dukungan untuk penyimpanan blok melalui iSCSI dan penyimpanan file melalui CephFS.

Melalui pembaruan ini, Red Hat Ceph Storage 3 memperluas keunggulan penyimpanan terpadu di OpenStack dan lingkungan heterogen, yang secara substansial memperluas kasus-kasus penggunaan untuk platform penyimpanan tersebut yang dikembangkan untuk penerapan skala petabyte.

Red Hat Ceph Storage 3 dikembangan berbasis kepemimpinan Red Hat selama bertahun-tahun di bidang penyimpanan objek, dan memungkinkan kinerja yang lebih kuat dan lebih baik, serta memperkenalkan kemampuan untuk menerapkan penyimpanan dalam container demi penghematan biaya dan efisiensi operasional yang lebih besar. 

Red Hat Ceph Storage 3 mencakup beberapa keunggulan berikut:

  • Memungkinkan berbagai macam kebutuhan penyimpanan di OpenStack,

    membantu perusahaan enterprise agar dapat sepenuhnya memanfaatkan kekuatan platform untuk penerapan infrastruktur cloud tanpa mengeluarkan biaya untuk sistem penyimpanan lain yang harus diperoleh dan dikelola secara terpisah.

    Penambahan CephFS, sistem file scale-out yang sesuai dengan POSIX, melengkapi dukungan penyimpanan blok dan objek yang ada yang disediakan oleh Red Hat Ceph Storage untuk OpenStack. Para pelanggan akan dapat menggabungkan penyimpanan secara lebih efektif dengan OpenStack bagi penerapan cloud pribadi di sejumlah kasus penggunaan, termasuk cloud skala web, Network Functions Virtualization infrastructure (NFVi), dan cloud pengembangan/komputasi.
  • Memudahkan migrasi dari platform penyimpanan lama

    melalui tambahan dukungan baru bagi antarmuka iSCSI untuk dukungan platform yang lebih luas dan peningkatan kasus-kasus penggunaan, termasuk backup dan recovery. Keunggulan ini sangat bermanfaat khususnya bagi lingkungan penyimpanan heterogen seperti VMware dan Windows yang minim akan driver Ceph asli.

    Gateway iSCSI memungkinkan perusahaan enterprise untuk menggunakan platform penyimpanan blok tunggal yang hemat biaya, dan sangat skalabel untuk infrastruktur virtualisasi yang ada, bersamaan dengan penggunaan Ceph mereka dengan beban kerja modern, sehingga mengurangi kebutuhan akan Storage Area Networks (SAN) khusus.
  • Menerapkan penyimpanan kelas enterprise pada container Linux

    Daemon penyimpanan dalam container memungkinkan para pengguna untuk menjalankan Red Hat Ceph Storage pada server yang lebih sedikit dengan melacak layanan-layanan yang sebelumnya membutuhkan hardware khusus, sambil menghindari risiko terjadinya konflik sumber daya. Tes-tes pendahuluan berbasis konfigurasi kluster Red Hat Ceph Storage standar menunjukkan penghematan biaya hardware hingga 24%.

    Keunggulan ini sangat relevan bagi para pelanggan dari industri telekomunikasi, misalnya yang menerapkan NFVi dan berkutat dengan berbagai kendala hardware dan ruang.

Red Hat Ceph Storage 3 juga bertujuan untuk secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna dengan membantu para administrator secara proaktif memantau dan mengatasi kendala kluster penyimpanan terdistribusi melalui tampilan grafis penggunaan data bagi kluster tersebut secara menyeluruh, atau per komponen individualnya.

Antarmuka berbasis web baru ini, yang mencakup lebih dari belasan dashboard, didasarkan pada proyek Ceph Metrics upstream.

Peluncuran versi baru ini juga menambahkan beberapa peningkatan pemanfaatan dan lapisan otomasi lainnya, seperti sharding bucket yang dinamis, yang dirancang untuk membantu menyederhanakan perawatan dan menghemat biaya operasional.

Peluncuran ini sejalan dengan momentum Red Hat di pasar penyimpanan. Baru-baru ini, Red Hat Storage ditempatkan pada kuadran “Visioner” dalam Magic Quadrant Gartner bulan Oktober 2017 untuk Distributed File Systems and Object Storage selama dua tahun berturut-turut.

Red Hat ditempatkan pada titik paling kanan pada kuadran Visioner berkat kelengkapan visinya dan pada titik teratas berkat kemampuannya dalam mengeksekusi.

Red Hat Ceph Storage 3 didasarkan pada versi komunitas proyek Ceph Luminous open source, di mana Red Hat merupakan kontributor kode utama.

(rr)