www.beningpost.com

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kepedulian putra/putri kita terhadap lingkungan sekitar, salah satunya dengan melukis. Melukis? Ya, dengan melukis putra/putri kita bisa mengekspresikan rasa, lalu menuangkannya di atas sebuah kanvas. Namun bila ini dilakukan secara ‘berjamaah’ dan terkoordinasi dengan baik, maka tentunya kegiatan melukis ini akan lebih terasa bermakna.

Sebagaimana yang dilakukan oleh KAO Indonesia, pemegang lebih dari 20 merek terkemuka di dunia, yang mengumumkan pemenang lomba lukis lingkungan yang ke-8, dengan membawa misi menjaga dunia agar lebih baik.

Lewat kontes ini, anak-anak diajak untuk aktif menjadi agen perubahan yang mampu mendorong teman-teman, keluarga, serta orang terdekat di sekitar mereka lewat ide-ide dalam menciptakan lingkungan bersih, sehat dan ramah.

“Tujuannya ialah ingin memberikan wadah untuk anak-anak agar bisa berprestasi di taraf internasional dan mengasah kepedulian anak-anak,” kata Associate Vice President Human Capital Development PT Kao Indonesia, Pratomo P. Aritedjo kepada rekan wartawan di Jakarta, Sabtu (24/2).

Untuk tahun ini, Indonesia menyumbang dua nama yang berhasil menyabet gelar juara dalam kategori ‘Eco Friend Prize’, yakni Viola Arielle Suliandy (13 tahun), dengan karya berjudul  “Alam Menyelamatkan Dirinya Sendiri Melalui Tangan Kita; dan I Wayan Amerta Nur Pradnyana (15 tahun), dengan karya berjudul “Reuse.”

Noriko Inoue, Sustainibility Department KAO Corporation Japan, memberikan selamat kepada pemenang asal Indonesia karena telah berpartisipasi dalam ajang tahunan KAO.

Proses pengumuman telah dilakukan pada tanggal 30 November 2017 yang lalu. Pemenang Kategori ‘Planet Earth Grand Prix’ dan ‘Kao Prize’ dari seluruh dunia diundang ke Tokyo, Jepang, untuk berpartisipasi dalam acara penyerahan hadiah dan penghargaan. Lukisan-lukisan yang menjadi pemenang seluruh kategori individu dipamerkan di booth Kao pada acara pameran Eco-Pro yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 7-9 Desember 2017.

Selain dari kategori individu yaitu 'Planet Earth Grand Prix‘, 'Kao Prize‘ dan 'Eco Friend Prize‘, ada pula kategori ‚Group Prize‘. Untuk kategori ‘Group Prize’, 3 dari 5 dari total  pemenang Group Prize adalah perwakilan dari Indonesia yakni:

1. MTs Negeri 1 Pasuruan, Indonesia, dengan 907 karya

2. SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Indonesia, dengan 434 karya

3. SMPN 2 Bangil Pasuruan, Indonesia, dengan 425 karya

“Kalau dulu kita melihat lukisan di museum untuk mempelajari sejarah sekarang kita bisa melihat lukisan sebagai cara untuk memandang masa depan. Terbukti dengan lukisan yang dihasilkan oleh anak-anak Indonesia dalam Lomba Melukis Lingkungan Kao untuk Anak-anak ini,” pungkas Pratomo.

(rr)