www.beningpost.com

PT United Tractors Tbk (UT) menunjukkan kepedulian terhadap masa depan generasi muda Indonesia dengan berkontribusi terhadap pembinaan atlet muda dalam memajukan olahraga Indonesia khususnya di cabang olahraga catur di kancah Internasional.

Kontribusi UT diberikan kepada dua atlet catur muda, Novendra Priasmoro (18 tahun) dan Aditya Bagus Arfan (10 tahun), melalui program UT Inspiring Youth, untuk mendukung kedua atlet meraih gelar Grandmaster.

Presiden Direktur UT, Gidion Hasan, mengungkapkan, UT menyadari bahwa dengan membina para generasi muda, kami turut berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa. 

“Dukungan kami kepada Novendra dan Aditya adalah bentuk partisipasi kami untuk mewujudkan kebanggaan Indonesia dengan melahirkan Grandmaster unggulan baru di olahraga catur,” ujar Gidion.

Saat ini Novendra menyandang gelar FIDE International Master dengan rating Elo 2438 dan Aditya memiliki gelar Candidate Master dengan rating Elo 2023.

Untuk dapat menyandang gelar Grandmaster, kedua atlet muda ini harus mencapai Norma GM sebanyak tiga kali dan menaikkan rating Elo-nya hingga 2500.

Melalui program UT Inspiring Youth, Novendra ditargetkan meraih gelar Grandmaster pada tahun 2020, sementara Aditya ditargetkan mampu meraih gelar Grandmaster pada tahun 2025.

Pembinaan terhadap Novendra dan Adit dilakukan secara intensif melalui pelatihan dan dibimbing oleh pelatih terbaik, termasuk mengikuti beberapa pertandingan internasional secara kontinu.

Pertandingan Internasional mulai diikuti Novendra dan Adit sejak tahun lalu, yaitu turnamen catur 9th Penang Heritage City International Chess Tournament untuk kategori Open pada 3 – 10 Desember 2017 di Penang, Malaysia.

Dalam turnamen tersebut, Novendra meraih penambahan 14,1 angka dan Adit meraih penambahan 146,8 angka. Novendra berhasil menaikkan ranking menjadi ranking unggulan 3 dari sebelumnya unggulan 7, sementara Adit menduduki ranking 56 dari sebelumnya ranking 111.

Tahun ini, UT telah menyusun serangkaian jadwal turnamen internasional untuk kedua atlet “UT Inspiring Youth”, Novendra dan Adit.

Bulan April mendatang, Adit akan mengikuti turnamen catur internasional Asian Youth Chess Championship di Chiang Mai, Thailand, pada tanggal 13 – 21 April 2018, dan World School Chess Championship di Durres, Albania, pada tanggal 20 – 29 April 2018. 

Novendra juga akan berpartisipasi pada turnamen 18th Bangkok Chess Open 2018 di Bangkok, Thailand, pada tanggal 13 – 21 April 2018.

(rr/Syam)