www.beningpost.com

Ajang pameran GIICOMVEC (GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) dari tanggal 1 – 4 Maret 2018 di manfaatkan para Agen Pemegang Merek meluncurkan kendaraan komersial yang dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru.

Dari keseluruhan 14 Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial, enam diantaranya memanfaatkan ajang GIICOMVEC untuk meluncurkan produk baru. Keenam APM tersebut adalah Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Suzuki, Volvo, dan Mitsubishi Fuso. 

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan truk New Isuzu GIGA sebagai line up baru di kelas Medium Duty Truck. Isuzu GIGA menjadi salah satu penyumbang angka penjualan Isuzu sejak meluncur perdana tahun 2011.

Sementara itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan versi facelift dari Mega Carry pickup. Mobil niaga Suzuki Carry pickup menjadi salah satu model terlaris dan telah terjual lebih dari 1 juta unit. Model Suzuki Carry pickup yang telah berusia lebih dari 42 tahun merupakan kendaraan niaga yang popular sepanjang masa.

GIICOMVEC 2018 juga dimanfaatkan oleh Mercedes-Benz untuk memperkenalkan produk truk terbarunya, seri Axor 2528 R.

Pabrikan asal Jerman tersebut menegaskan kehadiran Axor 2528 R yang mengusung tagline “Handcrafted in Indonesia” dan dirakit di pabrik perakitan Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, merupakan jawaban tingginya permintaan untuk pasar logistik di tanah air.

Truk berkapasitas 6 ton ini merupakan pencapaian tersendiri, tidak hanya bagi Mercedes-Benz tapi juga bagi industri di Indonesia.

Sama halnya dengan Mercedes-Benz, merek truk IVECO yang merupakan spesialis truk kelas berat (heavy truck) juga meluncurkan produk baru. 

Kehadiran merek truk asal Italia di Indonesia di pameran kali ini adalah seri IVECO 682 varian 4x2 (GCW44 ton) dengan model head traktor dan bermesin 290 hp. Sebelumnya, IVECO 682 telah dipasarkan di Indonesia sejak 2015 dalam beberapa varian.

Tak ketinggalan, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia turut berpartisipasi  di GIICOMVEC 2018 dengan mengusung empat truk baru seri Fighter, yang merupakan line-up Medium Duty Truck (MDT).

Keempat truk Mitsubishi Fuso tersebut adalah Fighter FM65FS HiGear 4x2 Cargo, Fighter FN62F HD 6x4 Dump, Fighter FN 62F Tractor Head 6x4 dan Fighter FN61FM HD 6x2 Tank.

Ajang GIICOMVEC 2018 juga menjadi momentum bagi Volvo untuk merayakan distribusi 1.000 model truk FH16 di Indonesia.

Sepanjang keberadaannya di pasar kendaraan komersial di tanah air, Volvo telah memasarkan lebih dari 4.000 truk di berbagai industri. Volvo juga merayakan kali pertama model bus B11R dipercaya sebagai sebagai armada untuk bus TransJakarta. 

Kedepannya, Volvo akan mendistribusikan 122 unit lagi untuk mendukung program Bus Rapid Transit (BRT) atau transportasi massalberbasis bus.

(rr/Syam)