www.beningpost.com

Indonesia dengan populasi penduduk sekitar 250 juta jiwa dan kisaran 85% beragama Islam. Melihat potensi pasar muslim yang begitu besar, tak tangung-tanggung Taiwan memboyong 120 produk halal sekaligus ke Indonesia.

Produk tersebut bisa dijumpai pada sebuah paviliun khusus Produk Halal dalam sebuah event tahunan Taiwan Expo 2018 yang berlangsung selama 3 hari mulai 29 hingga 31 Maret 2018 di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC). 

Berbeda dari tahun lalu, dimana produk halal ditempatkan bersama dengan produk unggulan Taiwan lainnya. Namun melihat antusias masyarakat Indonesia yang begitu besar terhadap produk halal asal Taiwan, sehingga pada tahun ini diperluas dan mendapat keistimewaan dengan menempati sebuah paviliun khusus untuk produk halal.

Dalam penyelenggaran Expo besutan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) tahun ini, telah diperluas dengan menyertakan Industri Halal, Startup & E-Commerce, serta Buble Tea. Dan kalau tahun lalu menempati satu Hall saja, namun pada tahun ini menempati dua Hall yaitu Hal A & B di JCC.

“Paviliun Taiwan Halal telah dipromosikan dari yang sebelumnya berlokasi di area pameran pada tahun lalu, menuju paviliun tematik, dan akan menampilkan 120 produk Halal asal Taiwan pada tahun 2018 ini,” ujar Vanessa Chang, Deputy Executive Director of TAITRA.

Vanessa menjelaskan dalam pameran kali ini kami akan menampilkan berbagai produk halal asal Taiwan mulai dari masakan halal, bahan mentah halal dan kosmetik serta juga akan menampilkan lingkungan yang ramah terhadap umat Muslim di Taiwan.

Berdasarkan data kependudukan, populasi umat muslim di Taiwan adalah 0,2% dari populasi jumlah penduduk Taiwan. Namun demikian, kini Taiwan berlomba-lomba merambah produk halal, dan banyak dijumapai di restoran dan hotel yang menyediakan produk halal.

“Tak hanya makanan dan produk halal saja, namun kini Taiwan sudah mulai bertambah banyak masjid yang di bangun di Taiwan,” pungkasnya.

Bahkan secara tegas dia menyatakan, bahwa halal bagi Taiwan bukan hanya dalam hal sertifikasi tapi sudah menjadi industri yakni mulai dari bahan baku, bio chemical, makanan, minuman serta kosmetik.

Kehadiran pelaku industri Taiwan kali ini, tak hanya memamerkan produk halal, namun juga sekaligus mencari partner bisnis, agen atau distributor di Indonesia.

Selain acara utama Taiwan Expo, juga akan berlangsung kegiatan lainnya seperti One-on-One Trade Meetings, forum industri, pertunjukan budaya, serta Taiwan Excellence Zumba Fest. 

Bersamaan dengan penyelenggaraan Expo, akan diadakan pula dua forum industri, yaikni “Taiwan Excellence Smart City Seminar” dan “Taiwan Medical Day” untuk memfasilitasi pertukaran professional antara kedua Negara.

(rr/Syam)