Ilustrasi | www.beningpost.com

Berbelanja online sudah menjadi gaya hidup yang sangat populer di Indonesia. Keuntungan-keuntungan yang diberikan oleh e-commerce membuat para customer tertarik untuk lebih sering berbelanja online dibandingkan berbelanja offline.

Namun demikian customer dihadapkan oleh kendala dalam berbelanja online serta rasa takut dalam berbelanja online

Kendala-kendala tersebut antara lain terlalu banyak website yang harus dikunjungi, limited stock dan akhirnya rebutan, masalah opsi pembayaran, kendala jaringan internet, displayed stock dan ketersediaan barang real tidak sama, kendala menghubungi langsung penjual (respon lama), serta opsi pengiriman kurang banyak.

Kemudian customer juga dihadapkan oleh rasa takut ketika berbelanja online seperti barang tidak cocok dengan yang diinginkan, pengiriman lama atau ada kemungkinan tidak sampai, barang diterima dalam keadaan rusak, barang tidak original, serta ketakutan dalam pembelian barang pre order

Permasalahan-permasalahan tersebut harus kita hadapi dengan berbelanja online secara pintar. Lebih baik teliti daripada menyesal kemudian.

Berikut ini ada beberapa tips yang dikutip dari warranteer.com yang bisa kita jadikan sebagai acuan:

Scam-Alert!

Saat berbelanja online, ada banyak produk yang palsu atau duplikat. Situs yang menampilkan barang-barang yang tidak diketahui brand nya, mungkin saja mereka hanya ingin mencuri informasi keuangan dan informasi rahasia dari calon pembeli. Selalu memastikan situs belanja online yang kita akses menggunakan teknologi SSL (Secure Socket Layer) atau alamat yang kita akses diawali dengan https. 

Garansi

Jika ingin membeli suatu barang yang cukup berharga atau mahal, kita harus memastikan bahwa barang tersebut memiliki garansi resmi atau distributor yang bisa digunakan sebagai jaminan jika barang tersebut mengalami kendala.

Membandingkan Produk dan Harga

Membandingkan produk sangat berguna untuk bisa menemukan penawaran yang terbaik. Perbandingan tersebut bisa berupa perbandingan harga. Maraknya situs perbandingan harga yang bermunculan, membuat para customer lebih mudah untuk mencari produk yang sesuai dengan budget mereka. Ada beberapa situs perbandingan harga yang terpercaya di Indonesia, salah satunya adalah Priceprice.com

Pada situs perbandingan harga ini, para customer bisa membandingkan harga di berbagai macam e-commerce, mulai dari harga paling murah hingga paling mahal. Selain itu, di situs perbandingan harga ini juga bisa ditemukan kupon-kupon promosi dari berbagai macam e-commerce. Sehingga customer bisa menentukan produk yang sesuai dengan budget mereka dan juga mendapatkan informasi potongan harga.

Ulasan Produk

Ulasan produk bisa sangat membantu dalam membuat keputusan berbelanja online yang pintar.

Ulasan pelanggan dapat menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan produk tertentu, atau sekedar menjelaskan dengan lebih baik bagaimana spesifikasi produk tertentu. Contoh yang sama dengan poin nomor empat, Priceprice.com juga menyediakan ulasan produk-produk dari para user yang bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Memastikan Kedatangan Produk

Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan pengiriman produk tersebut menggunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan pengiriman paket. Adanya asuransi pengiriman paket sangat membantu jika terjadi kehilangan pada paket, dicuri atau rusak dalam perjalanan. 

Berbelanja secara online bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Semua tergantung bagaimana cara customer berbelanja secara onlineCustomer harus pintar dan teliti sebelum menyesal dalam menentukan pilihan berbelanja.

(rr/Syam)