GudegNet

Gaya hidup masyarakat modern kini semakin berkembang menuju gaya hidup sehat. Derasnya arus informasi dan semakin tingginya kesadaran masyarakat membuat menjadi vegetarian adalah salah satu jalan terbaik untuk menjalani gaya hidup sehat. Bukan hanya demi kesehatan diri pribadi, menjadi vegetarian juga berarti berusaha menyelamatkan lingkungan.

Bagi Anda yang menjalani gaya hidup sebagai seorang vegetarian dan sedang merencanakan untuk berlibur ke Yogyakarta, tidak perlu khawatir karena para foodies di Traveloka Eats memiliki rekomendasi restoran vegetarian terbaik yang dimiliki Kota Yogyakarta. Berikut ini beberapa restoran vegetarian yang menanti Anda sang penyelamat lingkungan. 

1.  Milas Vegetarian

Milas Vegetarian merupakan salah satu restoran ramah vegetarian dengan review terbaik di Traveloka Eats. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam yang sebagian besar berbahan dasar sayur mayur organik dari petani lokal. Selain menu aneka sayur seperti salad, nasi rames, capcay, terdapat pula menu burger, sate, dan rendang vegetarian. 

Letaknya yang cukup tersembunyi membuat suasana restorannya sangat tenang. Selain restoran, Milas juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas-komunitas lingkungan dan pendidikan, perpustakaan multi bahasa, dan pasar sayuran organik. Milas Vegetarian terletak di Jalan Prawirotaman dan buka mulai pukul 15.00 hingga 21.00 setiap hari Selasa hingga Jumat, dan pukul 12.00 hingga 21.00 setiap hari Sabtu dan Ahad.

2.  JeJamuran 

JeJamuran adalah restoran yang terletak di Jalan Pramuka, Sleman. Restoran ini menyajikan hidangan yang hampir seluruhnya berasal dari olahan berbagai jenis jamur. Siapa sangka jamur bisa diolah sedemikian rupa sehingga siap membuat Anda ketagihan. Mulai dari sate jamur, jamur crispy asam manis, nasi uduk jamur, hingga King Oyster Lada Hitam. Selain makan dan minumannya yang lezat, JeJamuran juga memiliki tempat yang nyaman dan juga luas. Wajar saja restoran ini selalu dipenuhi keluarga setiap harinya.

3.  Loving Hut 

Loving Hut adalah salah satu pelopor restoran vegetarian di Yogyakarta. Menu yang ditawarkan pun bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari menu prasmanan berisi aneka sayur mayur, sate kedelai, hingga berbagai masakan nusantara yang semuanya terbuat dari tanaman. Bahkan “ayam fillet” yang berbahan dasar kedelai pun memiliki serat-serat yang sama dengan daging ayam sungguhan.

Terdapat pula pilihan nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Loving Hut memiliki dua kedai di Yogyakarta, di Jalan Moses Gatotkaca dan di Jalan Demangan Baru. Keduanya buka mulai pukul 9.30 hingga 20.30.

4.  Simple Plant Vegetarian Resto 

Sesuai dengan namanya, restoran ini adalah restoran yang murni menggunakan bahan-bahan yang ramah bagi para vegetarian. Meskipun terdapat menu steak dan burger, namun “daging” tersebut sebenarnya adalah tempe ataupun jamur yang diracik sedemikian rupa sehingga terasa lebih nikmat dari patty pada umumnya. Menu lainnya terdiri dari mie kocok, jamur crispy geprek sambal, hingga tongseng vegetarian.

Selain tempat untuk menikmati menu ramah lingkungan, restoran ini juga merupakan art space, sehingga para pengunjung juga dapat menikmati beberapa koleksi karya seni yang dipamerkan para seniman lokal. Restoran ini juga aktif bergerak di bidang kesejahteraan hewan, sehingga menikmati hidangan di restoran ini sama saja mendukung kesejahteraan hewan-hewan di Yogyakarta. Simple Plant terletak di Jalan Prawirotaman dan buka mulai pukul 15.00 hingga 23.00.

5.  Sade Tropical Kitchen

Sade Tropical Kitchen adalah restoran kecil yang dipenuhi oleh tanaman hijau sehingga terasa berada di sebuah kebun tropis. Dikelilingi oleh tumbuhan hijau juga membuat suasana semakin asri dan teduh. Letaknya yang berada di Gang Cempaka, Jalan Ngadinegaran, membuat Sade Tropical Kitchen layak menyandang gelar permata tersembunyi Kota Yogyakarta.

Sade Tropical Kitchen menyajikan menu yang bersahaja namun tetap nikmat, Mulai dari smoothies bowl-nya yang cocok bagi Anda yang vegetarian, hingga hidangan-hidangan unik yang jarang Anda temui seperti shakshouka atau Belgian chicken fricassee.

6.  Via Via

Selain sebagai tempat berkumpulnya para traveler dari mancanegara, Via Via juga menyajikan berbagai pilihan roti, cake, dan pastry yang nikmat untuk dinikmati di tempat maupun take away. Satu hal yang spesial dari Via Via adalah adanya cake bebas gluten.

Selain itu juga terdapat berbagai pilihan menu vegetarian mulai dari aneka salad, vegetarian spaghetti, hingga ke masakan lokal yang bebas protein hewani. Via Via terletak di Jalan Prawirotaman dan buka sejak pukul 07.30 hingga 23.00.

(rr)