www.beningpost.com

Selama semester pertama 2018, Carmudi.co.id  berhasil mencatat jumlah peningkatan listing (iklan jualan) mobil bekas sebanyak 217% di bandingkan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini dinilai Nimash Stefano Kirihettighe, selaku CEO Carmudi.co.id sebagai bentuk kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap situs jual beli kendaraan Carmudi.co.id.

“Trend dunia online, tidak hanya mempengaruhi gaya hidup orang Indonesia, tapi juga terhadap cara mereka memasarkan atau menjual barang, mobil atau produk otomotif lainnya,” katanya dalam jumpa pers di booth Carmudi.co.id pada gelaran GIIAS hari Senin (6/8) di ICE BSD City, Tangerang.

Dia menyebut model yang paling laku dipasarkan berdasarkan data divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id, telah terjadi pergeseran pilihan MPV bekas dibandingkan tahun lalu.

Jika setahun silam MPV kembar Avanza dan Xenia menduduki peringkat pertama, kini Honda Mobilio bekas mulai merangsek ke posisi atas.

Data tersebut terlihat dari penjualan unit mobil bekas di bursa otomotif Carsentro di Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Dari sekitar 2.000 unit penjualan mobil bekas selama semester 1, Toyota Avanza menduduki posisi pertama dengan raihan 7,9%, diikuti dengan Honda Mobilio bekas sebesar 7,7%.

Sementara untuk jenis kendaraan bekas, kategori MPV masih mendominasi sebesar 54,5%. Posisi kedua diduduki oleh kategori city car dengan 18,6% dan SUV (14,6%). Untuk data selengkapnya lihat infografis.

Di Semarang, Solo dan Yogyakarta penjualan mobil bekas city car seperti Honda Brio bekas menduduki posisi teratas. 

“Hal itu didasari dengan kebutuhan keluarga muda akan mobil bekas yang terjangkau. Dengan cicilan dan kemudahan dari lembaga pembiayaan membuat mobil kompak itu laris di pasaran,” jelas Stefano.

(rr/Syam)