Informasi Seputar Semarang

Meski Salatiga terbilang minim potensi wisata alamnya, kota dengan motto Hati Beriman ini tetap dapat memenuhi ekspektasi Anda yang hendak berlibur. Kota ini juga memiliki banyak objek wisata yang dapat mencuri perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya itu, Salatiga juga dikenal sebagai kota paling irit, karena biaya hidupnya yang tidak akan menguras dompet Anda. Bayangkan saja, Anda dapat menyantap sajian khas warteg hanya dengan merogoh kocek Rp6000 saja. Dengan begitu, Anda dapat berwisata kuliner dengan puas di kota ini.

Berbicara mengenai destinasi wisata, Salatiga memiliki deretan objek wisata yang apik dan tengah menunggu Anda untuk segera disambangi. Kota kecil ini dapat Anda telusuri hanya dengan one day trip untuk memuaskan dahaga Anda akan liburan. Booking tiket bus Anda segera untuk mengunjungi daftar destinasi yang ada di dalam artikel ini, dan jangan lupa persiapkan waktu cuti Anda agar liburan Anda menjadi tenang.

Sumber Mata Air Senjoyo

Sumber Mata Air Senjoyo merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Banyak yang datang untuk bersantai dan berendam di kolam ini.

Selasar Kartini

Sesuai dengan namanya, Selasar Kartini berlokasi di Jl. Kartini, Salatiga. Selasar Kartini merupakan sebuah taman yang banyak dikunjungi untuk berolahraga atau hanya sekedar mencari udara segar. Tanaman-tanaman yang tersebar di setiap sudut membuat sekitaran taman ini menjadi sejuk dan nyaman. Karena tempatnya yang multifungi, banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai titik pertemuan untuk bercengkrama dan sebaginya.

Arrowhead Park

Berlokasi di Desa Tegalwaton, Arrowhead Park bisa menjadi salah satu destinasi Anda saat berkunjung ke Salatiga. Arrowhead Park kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan baik dari kota Salatiga maupun luat kota. Keindahan dari taman ini siap menanti Anda jika sewaktu-waktu sedang berkunjung. Suasanya yang asri dan udara yang segar juga bisa Anda rasakan di sini. Selain itu Anda bisa melepas lelah di kawasan wisata ini, karena Arrowhead menyewakan penginapan dengan begitu Anda juga bisa lebih lama untuk menikmati liburan di Arrowhead Park.

Desa Wisata Tingkir Lor

Mengintip keberlangsungan kehidupan pedesaan di Salatiga melalui Desa Wisata Tingkir Lor bisa menjadi referensi berlibur Anda di Salatiga. Keasrian dan keramah tamahan di Desa ini menjadi daya tarik sendiri. Selain itu, Desa yang pernah menjadi tempat tinggal Joko Tingkir ini juga mengyuguhkan atraksi kesenian sebagai keunikan tersendiri sebagai tempat wisata.

Pohon Pengantin

Masukan Pohon Pengantin ke dalam list perjalanan Anda ke Salatiga. Pohon Pengantin merupakan pohon yang paling ikonik di Salatiga. Terletak di Pulutan, tempat ini sukses menjadikannya sebagai destinasi yang populer dikunjugi di Salatiga  Hal yang menarik dari tempat ini adalah bagaimana sebuah pohon bisa memberikan keindahan yang begitu sempurna di tengah hamparan sawah yang luas. Pesona dari haparan sawah ini juga tidak kalah menariknya. Banyak yang berkunjung untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan dari tempat ini.

Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi di Salatiga. Keindahan alamnya yang sangat memukau menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Nuansa asri yang menenangkan dapat Anda rasakan saat berlibur ke Bukit Cinta ini. Anda tidak perlu bingung, di sini banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memancing, naik perahu sewa, hingga olahraga air bisa Anda rasakan di sini. Siapa sangka, ternyata di balik keindahan yang dipancarkan Bukit Cinta mengandung cerita mitos yang mengatakan untuk tidak datang ke tempat ini bersama pasangan, karena masyarakat di sekitar sini percaya bahwa pasangan yang berkunjung tidak akan menemukan akhir yang bahagia. Namun begitu, Bukit Cinta tetap menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Lapangan Pancasila

Lapangan ini berada di pusat kota, sehingga Anda bisa dengan mudah mengakses ke tempat ini. Di pagi ataupun sore hari menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk berkunjung ke lapangan ini. Udara segar nan sejuk dan suasana yang asri bisa Anda rasakan di sini. Olah raga pun menjadi lebih semangat dan sehat. Selain olahraga segudang aktivitas juga biasa dilakukan di sini. Mulai dari mencicipi jajanan yang mengelilingi lapangan ini hingga melihat pertunjukan-pertunjukan maupun acara besar yang sering diselenggarakan di lapangan ini pada hari tertentu.

Museum Karya Raprika

Museum Karya Raprika atau yang biasa disebut dengan Kandhang Galeri berada di Kampung Togaten Pasarsapi. Sebuah museum yang sangat menyimpan nilai sentimentil di dalamnya. Berawal dari Raprika Angga Yulianto mahasiswa seni lukis di ISI Yogyakarta yang meninggal tahun 2011 lalu karena pendarahan otak. Kemudian sang ayah, Bambang Priyanto menggagas sebuah museum untuk mengenang, menghormati dan menghidupkan kembali semangat anaknya. Di galeri ini Anda bisa melihat berbagai karya Angga seperti lukisan, sketsa, patung dan koleksi pribadi Angga.

Agrowisata Salatiga

Sebuah destinasi wisata romantis di Salatiga yaitu Agrowisata. Letaknya yang berada di kaki Gunung Merbabu, membuat tempat ini memiliki udara yang dingin yang dapat menjeyukkan diri Anda. Suasana akan semakin romantis jika Anda berkunjung pada sore hari sambil ditemani dengan langit berwarna jingga yang mulai pudar dihempas gelapnya malam. Tidak hanya sore hari, Anda juga bisa mengunjunginya pada saat pagi maupun siang hari. Segudang aktivitas pun menanti Anda. Seperti outbond, camping dan penginapan. Sehingga Anda bisa lebih lama menikmati keindahan dari tempat ini.

Taman Tingkir

Taman Lingkir bisa menjadi alternatif wisata saat Anda berlibur ke Salatiga. Karena bangunannya yang masih baru, tidak sedikit yang ingin berkunjung dan berfoto di taman ini. Taman Tingkir juga menjadi solusi akan minimnya lahan hijau yang mulai dirasakan di kota-kota. Fasilitas yang disediakan terbilang lengkap, mulai dari arena bermain anak, kolam hingga mushola terdapat di tama ini. Kesedian fasilitas juga diperuntukan bagi penyandang disabilitas dan lansia. Dengan berbagai nilai plus yang dimiliki oleh Taman Tingkir dituding-tuding akan menjadi ikon baru kota Salatiga.

 

(rr/DZ)