www.beningpost.com

Taiwan Excellence untuk pertama kalinya menyelenggarakan “Taiwan Excellence Batik Design Competition”, dimana acara final digelar pada tanggal 18 Agustus 2018 di Atrium The Forum - Mal Kelapa Gading 3 (MKG 3), Jakarta.

Setelah melalui seleksi yang sangat ketat dari 184 desain yang masuk ke panitia, akhirnya ditetapkan 9 desainer yang berhak maju sebagai finalis.

Di hari itu, setiap desainer menunjukkan hasil karya mereka, satu per satu model memakai hasil karya setiap desainer dan berjalan di atas panggung, layaknya seperti “America’s Next Top Model”. Dan masing-masing desainer mempresentasikan karyanya diahadapan dewan juri.

Pemilihan pemenang untuk juara 1 sampai 3 selain dewan juri juga melibatkan pengunjung mal, dimana 80% penilaian berasal dari dewan juri dan 20% pilihan pengunjung melalui voter.

Dewan juri terdiri dari Ivan Gunawan dan Danny Satiadi, keduanya adalah desainer ternama Indonesia, dan Macy Chen selaku Manager Taiwan Trade Centre Jakarta.

Para finalis menerangkan konsep dan latar belakang desain yang dibuatnya. Pada umumnya konsep dan latar belakang desain tersebut menampilkan sejarah, budaya dan potensi alam yang ada di kedua negara, yaitu Taiwan dan Indonesia.

Disela acara, Macy Chen menjelaskan alasan digelarnya kompetisi desain batik ini dalam rangka mempererat persahabatan di bidang budaya dan perekonomian, seperti industri dan perdagangan.

Dia berharap melalui kompetisi seperti ini Taiwan bisa terus masuk dan mempertahankan pasarnya di Indonesia. Selain itu juga, kegiatan kompetisi ini untuk membantu talenta atau keterampilan yang dimiliki para desainer pemula di Indonesia meningkatkan kemampuannya.

Hasil lomba desain ini direncanakan untuk bisa dipakai sebagai seragam resmi TAITRA (Taiwan External Trade Development Council) baik dalam acara resmi maupun non formal.

Macy menjelaskan untuk dilakukan produksi dan komersialisasi atas desain batik dari para pemenang, tentu menunggu kesepakatan lebih lanjut.

“Untuk hal ini masih menunggu kesepakatan antara kami dengan  para pemenang kompetisi,bagaimana mekanisme kerjasamanya,” paparnya.

Pada kesempatan itu dewan juri sepakat memutuskan untuk memilih tiga orang desainer terbaik yakni juara pertama di raih oleh Niken Wijayanti. Sementara pemenang kedua, Artika Sari dan juara ketiga Sirojul Muhnir.

(rr/Syam)