Gogirl

Saat ini, milenial sudah mulai memiliki penghasilannya sendiri. Mereka juga sudah tidak bisa dikatakan sebagai anak kecil lagi, karena sudah memasuki usia-usia produktif yang sepantasnya memiliki pekerjaan. Baik itu sebagai karyawan, maupun sebagai pengusaha. Namun, sayangnya milenial masih dipandang sebelah mata karena faktor usia.

Bagi Anda yang ingin membuktikan bila Anda memang sudah dewasa, tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak pantas. Sebab ada banyak hal positif yang bisa membuktikan kedewasaan. Bahkan beberapa hal ini cenderung sederhana. Berikut ini beberapa hal sederhana yang mampu membuktikan kedewasaanmu

1. Mendengar sebelum berbicara

Kita punya dua telinga dan satu mulut. Artinya kita harus mendengar dua kali lebih banyak untuk satu ucapan yang kita keluarkan. Berbicara tanpa mendengar hanyalah akan menjadi pepesan kosong yang tak bermakna. Salah-salah, justru bisa menimbulkan masalah. Bila Anda sudah mulai lebih banyak mendengar dan memproses informasi sebelum berbicara, maka ini merupakan salah satu bukti bahwa Anda sudah beranjak dewasa. 

2 Mempersilahkan orang lain untuk duduk di kendaraan umum

Banyak dari remaja yang kurang peka soal etika menggunakan kendaraan umum. Salah satunya adalah memprioritaskan ibu hamil dan orang tua untuk duduk. Saat ini justru banyak orang yang memilih pura-pura tidak melihat, tidur, atau justru acuh tak acuh. Buktikan kedewasaanmu dengan memberikan kursi kepada orang tua. Tidak ada salahnya untuk berdiri sementara waktu. Sebab, berdiri selama waktu tertentu sama saja dengan membakar kalori.

3. Menjaga tutur kata saat berbicara dengan yang lebih tua

Tentunya Anda tidak bisa menggunakan bahasa yang sama bilang sedang berbicara dengan yang lebih tua. Meskipun hal ini sudah diajarkan dalam bahasa-bahasa daerah, namun tidak secara eksplisit tampak dalam bahasa Indonesia. Jadi, yang bisa Anda lakukan adalah dengan lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata yang digunakan. Tidak perlu yang terlalu kaku. Cukup gunakan kata-kata yang sopan. Mampu menyesuaikan gaya bahasa dengan lawan bicara merupakan bukti bahwa Anda telah memiliki kematangan pola pikir. Ini adalah sesuatu hal yang dimiliki oleh mereka yang sudah dewasa.

4. Membantu meringankan beban orangtua 

Seorang anak tidak bisa selamanya hidup di bawah bayang-bayang orangtuanya. Anak juga tidak bisa terus hidup dengan bergantung pada orang tuanya. Sebab, suatu saat Anda juga akan menjadi orangtua bagi anak-anak Anda nantinya. Bagi Anda yang belum berkeluarga, namun sudah berpenghasilan, mungkin bisa mengalokasikan penghasilan Anda untuk membantu biaya-biaya kebutuhan orang tua.

Tidak perlu yang terlalu besar bila belum mampu. Cukup dengan membayar tagihan-tagihan bulanan saja. Contohnya bayar PDAM. Karena Anda adalah milenial yang melek teknologi, mengapa tidak coba secara online saja? Sebab bayar PDAM online kini bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja.

5. Aktif di organisasi

Untuk membuktikan kedewasaan Anda, maka salah satu cara yang tepat adalh dengan mengikuti organisasi. Misalnya dengan mengikuti organisasi pengurus masjid di lingkungan rumah. Bisa juga dengan bergabung dengan rapat-rapat RT atau RW. Jangan lupa untuk ikut menyuarakan pendapat. Namun ingat, sesuaikan gaya bahasa Anda dengan organisasi yang Anda ikuti.

Itu dia lima cara membuktikan kedewasaan Anda. Bisa dilihat kalau menunjukkan kedewasaan bisa dilakukan dengan cara-cara positif. Jadi, Anda tidak perlu membuktikannya dengan melakukan hal-hal yang melanggar norma.

(rr/DZ)