www.beningpost.com

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berhasil meraih penghargaan kategori perunggu pada ajang Asia Sustainability Reporting (ASR) Rating 2018 di Lampung.

National Center for Sustainability Reporting (NCSR) selaku penyelenggara mengapresiasi komitmen APP Sinar Mas sebagai salah satu perusahaan yang terdepan dan konsisten dalam menerapkan standar Global Reporting Initiative (GRI) untuk pelaporan keberlanjutannya.

Ini merupakan keenam kalinya APP Sinar Mas menerima penghargaan dari ASR Rating yang sebelumnya lebih dikenal dengan Sustainability Reporting Awards.

Dalam ASR Rating 2018 APP Sinar Mas berkompetisi dengan 55 perusahaan dan organisasi lainnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Bangladesh untuk mendapat penilaian terbaik dalam pengaplikasian standar GRI dalam laporan keberlanjutannya.

“Terpilihnya APP Sinar Mas untuk kali keenam ini menjadi bukti keseriusan kami dalam menerapkan standar pelaporan yang terdepan dan transparan atas praktik bisnis berkelanjutan yang kami lakukan selama ini,” kata Manajer Sustainability & Stakeholder  Engagement APP Sinar Mas Sera Noviany.

Dalam Laporan Keberlanjutan tahun 2017, APP Sinar Mas melaporkan perkembangan dari beberapa program keberlanjutannya.

APP Sinar Mas di antaranya berhasil menurunkan intensitas energi sebesar 6%, intensitas karbon sebesar 14%, dan penggunaan air sebesar 14% di seluruh pabrik  pulp dan kertas milik perusahaan.

Pada tahun yang sama APP Sinar Mas juga telah berhasil mengurangi pembuangan limbah ke landfill sebesar 63% serta memenuhi persyaratan pemerintah untuk air limbah dan emisi udara.

Selain peningkatan dalam manajemen operasional pabrik, APP Sinar Mas juga mencatatkan keberhasilan program di bidang konservasi hutan yang tertuang dalam Kebijakan Konservasi Hutan (Forest Conservation Policy).

“APP Sinar Mas di antaranya berhasil menurunkan luas area yang terkena dampak kebakaran hutan hingga 0,01% dari total area konsesi, menurunkan tingkat perubahan tutupan hutan (deforestasi) yang disebabkan oleh pihak ketiga di area kawasan lindung pemasok APP Sinar Mas menjadi 0,1%, serta menyelesaikan 46% konflik sosial hingga tahun 2017,” tutur Sera.

Pada tahun sebelumnya, APP Sinar Mas memenangkan Penghargaan Khusus untuk Penerapan Dini Standar GRI pada ajang yang sama.

Standar GRI bertujuan untuk membantu pelaku bisnis, pemerintah, dan organisasi lain memahami dan mengkomunikasikan dampak bisnis bagi keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Sejak tahun 2005, APP Sinar Mas telah menyusun Laporan Keberlanjutan berdasarkan standar GRI yang menjadi acuan standar Laporan Keberlanjutan tingkat global.

Laporan Keberlanjutan APP Sinar Mas juga selalu diverifikasi oleh pihak ketiga yang independen untuk memastikan kredibilitas data dan informasi yang disampaikan.

“Kami berharap keberhasilan kami dapat menginspirasi para pelaku usaha lainnya untuk menerapkan standar GRI dalam menyusun Laporan Keberlanjutan mereka,” tutup Sera.

(rr/Syam)