www.beningpost.com

Dengan rutinitas yang melelahkan di kota besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, istirahat sejenak di alam liar untuk mendapatkan R&R (rest dan relaxation) tampaknya merupakan pilihan tepat. Untungnya, Anda tak perlu menempuh perjalanan jauh menuju ke tempat-tempat ini, hanya penerbangan singkat. Yuk, berlibur di enam destinasi ‘wild holiday’ yang direkomendasikan Agoda berikut ini.

Temukan spesies asli Malaysia 

Belum Temenggor di Perak adalah salah satu hutan hujan tertua di dunia, dengan usianya yang mencapai 130 tahun. Banyak hal yang bisa Anda dilakukan di sini, khususnya bagi pencinta kegiatan outdoor. Seperti melihat kehidupan alam liar, trekking di hutan, hingga bermain kayak dan berkemah. Jika beruntung, salah satu mamalia terlangka di dunia seperti harimau Malaya, gajah Asia, atau siamang tangan putih akan hadir di hadapan Anda.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana hutan hujan dari dekat, Belum Rainforest Resort bisa dijadikan pilihan menginap. Banyak kamar mewah di resor ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Berenang bersama kehidupan laut Pulau Miniloc

Dikelilingi teluk cantik dengan latar belakang bukit kapur, El Nido Resort di Pulau Miniloc, Filipina adalah destinasi tepat bagi Anda yang mencari air sebening kristal dan kehidupan laut yang semarak.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di resor, seperti pendakian untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam, perjalanan dengan perahu ke laguna terdekat, serta tamasya ke gua dan snorkeling bersama ikan. Berhati-hatilah terhadap ikan raksasa kuwe gerong (giant trevally/GT) yang disebut Talakitok oleh penduduk setempat. Dengan berat mencapai 80 kg dan panjang 170 cm, ikan raksasa ini seringkali disangka hiu. 

Membubung tinggi di alam Phuket, Thailand

Jauh di atas pepohonan hutan Phuket, Anda akan menemukan vila ‘sarang burung’ Keemala Hotel yang menakjubkan.

Resor yang menerapkan ‘Kebijakan Anti Eksploitasi Hewan’ secara ketat ini merupakan rumah bagi hewan-hewan terlantar. Di sini, para tamu bisa bertemu dengan penghuninya, seperti kerbau sungai yang diselamatkan dari rumah jagal, serta belajar mengenai aktivitas harian para spesies ini dan maknanya dalam budaya Thailand. Hewan-hewan lain yang diselamatkan resor ini seperti kambing, bebek, merak dan ayam, akan menjadi pengalaman menarik bagi anak-anak.

Menjadi konservasionis laut untuk sehari (atau dua hari)

Untuk memaknai liburan Anda lebih jauh, berangkatlah menuju Gayana Marine Resort di Kota Kinabalu, yang juga merupakan lokasi Marine Ecology Research Centre. Fasilitas tersebut merupakan lembaga pendidikan dan pembelajaran untuk meningkatkan kepedulian akan ekosistem laut serta ancaman yang dihadapinya. Anda bisa berpartisipasi dalam aktivitas seperti menanam ulang karang di terumbu karang atau berenang bersama makhluk laut seperti kuda laut dan hiu bambu.

Menyendiri bersama predator anggun di India

Taman Nasional Ranthambore di Rajasthan adalah konservasi satwa liar terbesar di India Utara dan terkenal karena memiliki populasi Harimau Bengal terbanyak. Meskipun harimau adalah atraksi utama untuk penyuka satwa liar, jangan lupakan kawan-kawannya seperti macan tutul India, kerbau biru (sejenis antelop), babi hutan, hyena loreng, beruang sloth, dan rusa totol. 

Tenda kemping ‘glamping’ (glamour camping) di Oberoi Vanyavilas Ranthambhore Hotel  yang tidak jauh dari lokasi, cukup mewah bahkan untuk seorang Maharaja. Berjalanlah di dasar hutan untuk mengenal lebih jauh kehidupan burung, termasuk burung kucica (magpie robin), kolibri ungu (purple sun bird), dan burung pleci (oriental white eyes).                                     

Tidur di bawah atap langit Bali

Anda pun dapat menemukan destinasi eksotik di Indonesia. Salah satunya Bali yang dikenal sebagai Pulau Dewata karena memiliki banyak keajaiban dan keindahan alam. 

Bila Anda menyukai ide menyatu dengan alam, menginaplah di Bubble Hotel Ubud. Hotel minimalis yang tidak seperti hotel biasa ini terdiri dari beberapa kubah transparan yang tersembunyi di kawasan yang subur. Berada di tempat ini, Anda dapat menikmati indahnya malam di bawah taburan bintang dan ditemani hewan malam, namun tetap merasa senyaman rumah sendiri.

 

(rr/DZ)