LANXESS AG

LANXESS akan menghadirkan portofolio luasnya di pameran perdagangan internasional untuk produk plastik dan karet bertajuk “K 2019”. Di stand perusahaan yang berukuran 700 meter persegi, perusahaan bahan kimia khusus ini akan fokus terutama pada topik-topik mobilitas, urbanisasi dan digitalisasi baru.

“Solusi mobilitas inovatif dan konsep perkotaan modern saat ini tengah dikembangkan di seluruh dunia. Ini adalah area pertumbuhan penting bagi kami dan pelanggan kami. Kami terus mengembangkan solusi dan teknologi material yang berkelanjutan untuk tujuan ini dan juga berfokus pada kemungkinan baru untuk digitalisasi,” jelas Hubert Fink, anggota dewan manajemen LANXESS.

Secara keseluruhan, enam dari sebelas unit bisnis LANXESS, yaitu High Performance Materials, Urethane Systems, Polymer Additives, Rhein Chemie, Inorganic Pigments dan Advanced Industrial Intermediates, akan memamerkan produk mereka di ajang “K 2019”.

Poliamida dan Poliester untuk Mobilitas Berkelanjutan

Unit bisnis High Performance Materials (HPM) akan menghadirkan berbagai produk baru yang berkaitan dengan mobilitas listrik.

“Tujuan yang ingin kami capai melalui material kami adalah membantu berbagai jenis sistem penggerak yang terlibat dalam mobilitas listrik untuk menembus pasar. Kami berfokus pada serangkaian teknologi yang berbeda, mulai dari hybrid ringan dan hybrid plug-in, hingga kendaraan electric-only. Perkembangan kami juga ditujukan untuk tren mobilitas tambahan seperti berkendara otonom dan konektivitas digital,” kata Michael Zobel, Head of HPM.

Bahan HPM baru termasuk senyawa oranye yang distabilkan dengan panas untuk aplikasi bertegangan tinggi; bahan yang mencegah korosi listrik pada saat kontak dengan bagian logam hidup; dan material bebas halogen dan tahan api untuk komponen seperti tempat sel baterai dan pelat penutup.

Seperti yang dijelaskan Zobel, “Material komposit kami menjadi semakin mapan pada konstruksi ringan struktural dalam produksi massal. Di ajang K ini, kami akan menghadirkan kulit jok yang sangat tahan lama dan front-end carrier yang sangat terintegrasi dari Tepex, yang keduanya menunjukkan ketahanan terhadap benturan yang luar biasa.”

Investasi dalam Sistem Blow-Molding

Juga akan dipamerkan di K adalah senyawa baru untuk pencetakan komponen yang hemat biaya untuk manajemen udara dalam mesin pembakaran turbocharged dan pelapis untuk kendaraan yang ditenagai oleh hidrogen dan gas alam. “Di pusat teknis kami di Dormagen, kami telah mengembangkan sistem pencetakan tiup canggih dan membentuk tim global yang bertugas untuk mengembangkan material bagi aplikasi khusus,” tutur Zobel.

Produk yang Sesuai dengan Pertumbuhan Urbanisasi

Untuk konektor dan switch dalam sistem rumah pintar canggih, senyawa poliamida 6 bernama Durethan BG60XXF adalah solusi yang ideal. Senyama ini adalah plastik dengan lilitan sangat rendah, dan penggunaannya mencakup tempat sakelar dalam rangkaian produk mulai dari produsen komponen elektronik. Berkat bahan dari LANXESS, komponen ini memenuhi standar planaritas, toleransi dimensi, dan kekakuan yang sangat tinggi.

Unit bisnis Sistem Urethane, salah satu penyedia prapolimer poliuretan (PU) terkemuka di dunia yang dirancang khusus untuk pelanggan dan aplikasi dan digunakan untuk elastomer, pelapis, perekat dan sealant, akan berfokus pada teknologi low free (LF) di K. Teknologi ini digunakan untuk memformulasikan prapolimer PU yang mengandung isosianat bebas kurang dari 0,1 persen dan memenuhi persyaratan kebersihan industri yang sangat ketat.

“Itulah sebabnya Prapolimer Adiprene LF ini tidak akan terpengaruh oleh pembatasan Uni Eropa yang akan datang tentang diisosianat. Pada saat yang sama, prapolimer ini akan meningkatkan sifat mekanik dari produk akhir PU. Karena itu, di masa depan, kami akan menawarkan semua produk dalam jajaran Adiprene LF, termasuk produk berbasis MDI, dengan konten isosianat kurang dari 0,1 persen,” jelas Markus Eckert, Head of Urethane Systems.

Penghambat Nyala Baru untuk Bahan Isolasi

Unit bisnis Polymer Additives (PLA) adalah salah satu penyedia produk penghambat nyala (flame retardant) berbasis bromin dan fosfor terkemuka dunia. Unit bisnis ini akan menghadirkan dua flame retardant untuk busa polyisocyanurate (PIR) yang kaku yang telah mencapai hasil luar biasa dalam tes kebakaran sesuai dengan ISO 11925-2, yaitu Levagard 2000 oligomer dan Levagard 2100 reaktif.

“Apa yang menempatkan kedua material ini di depan sistem lain dibandingkan dengan sistem efek flame-retardant serupa adalah bahwa keduanya hampir, bahkan sama sekali, volatile, dan hanya menunjukkan efek plastisisasi kecil,” jelas Karsten Job, Head of PLA.

Sementara itu, di Emerald Innovation 3000, LANXESS menawarkan penghambat nyala brominasi polimer untuk polistiren yang diperluas yang menjadikannya alternatif yang layak untuk hexabromocyclododecane (HBCD), yang tidak disetujui untuk digunakan di UE.

Melindungi Ozon secara Efektif, Memperkuat Karet dan Memantulkan Cahaya IR

Antioksidan dan antiozonan akan menjadi pusat perhatian untuk unit bisnis Advanced Industrial Intermediates di K. Vulkazon AFS adalah antiozonan untuk lateks, karet alam dan karet sintetis yang mencegah retak yang disebabkan oleh efek ozon dan tidak menyebabkan pewarnaan.

Unit bisnis Rhein Chemie akan memamerkan masterbatch yang diperkuat serat aramid baru dari seri Rhenogran P91-40 untuk pembuatan barang-barang teknis karet, seperti barang-barang silikon tahan panas, tahan lama dan tahan abrasi seperti pencuci dan seal.

Unit bisnis Inorganic Pigments akan menghadirkan pigmen hitam yang mencerminkan bagian inframerah dari sinar matahari 20 persen secara lebih efektif daripada pigmen hitam konvensional. Atap dan fasad plastik menawarkan banyak potensi untuk digunakan dalam mengurangi suhu di dalam bangunan.

Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Produk

LANXESS bertujuan untuk memanfaatkan manfaat teknologi digital dengan lebih baik di masa depan: melalui model bisnis digital, pengenalan teknologi baru di seluruh rantai nilai dan analisis, serta penggunaan data dalam jumlah besar. Perusahaan ini menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mengoptimalkan formulasi untuk pengukuran serat gelas yang digunakan untuk memperkuat plastik. LANXESS bekerja sama dalam proyek ini dengan Citrine Informatics, sebuah perusahaan AI yang berkantor pusat di Redwood City, California, AS. 

Ekonomi Melingkar (Circular Economy) dengan Semua Mitra dalam Rantai Nilai

LANXESS berkomitmen untuk membangun siklus material closed-loop dalam pembuatan dan penerapan plastik. Perusahaan kini bekerja sama dengan pelanggan dan pembeli mereka sendiri dalam memulai proyek percontohan di lapangan. Sebagaimana yang dijelaskan Zobel, “Menyiapkan siklus material yang menghemat sumber daya dengan cara ini hanya akan berhasil jika semua mitra dalam rantai nilai bekerja bersama. Salah satu tujuan kami adalah merancang plastik sejak awal sedemikian rupa sehingga mudah untuk didaur ulang.”

(rr)