www.beningpost.com

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan tempat menawan dan inspiratif yang sarat dengan sejarah dan keindahan.

Agoda, salah satu perusahaan perjalanan online yang paling cepat berkembang di dunia, menyoroti destinasi wisata di Asia di mana para turis dapat menemukan beberapa masjid paling menakjubkan yang pernah dibangun.

  1. Masjid al-Haram – Mekkah, Arab Saudi

Sebagai situs ziarah haji dan umroh, Masjid al-Haram adalah masjid paling suci dalam agama Islam. Masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang dan dianggap oleh umat Muslim sebagai tempat paling suci di dunia.

Kunjungi Agoda.com/umrah untuk menemukan lebih dari 200 pilihan akomodasi dan tarif istimewa bagi para turis yang hendak melakukan wisata religi ke Mekkah.

  1. Masjid Biru – Istanbul, Turki

Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616, Masjid Biru adalah visi arsitektur Sultan Ahmed I dari Kesultanan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) ketika beliau baru berusia 13 tahun.

Bangunan megah ini memiliki enam menara tinggi, tidak seperti masjid yang lebih tradisional yang hanya memiliki satu hingga empat Menara. Masjid Biru paling baik dikunjungi dengan tur pribadi atau kelompok kecil berpemandu guna mempelajari kekayaan sejarah masjid ini.

  1. Masjid Kul Sharif – Kazan, Rusia

Terletak di Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia, Masjid Kul Sharif yang menakjubkan ini dibangun kembali pada tahun 2005 dengan sentuhan modern yang nyata setelah dihancurkan pada tahun 1552.

Dengan tiga bagian bangunan, yaitu masjid, tugu peringatan dan kantor administrasi, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa.

  1. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Sebagai sebuah prestasi arsitektur yang benar-benar menakjubkan, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbesar di dunia, dengan kapasitas untuk 40.000 jemaah sekaligus.

Menampilkan dinding marmer berwarna putih salju yang spektakuler, lampu kristal emas 24 karat dan karpet tenunan tangan terbesar seluas 5.630 m², masjid ini menyambut lebih dari lima juta pengunjung dalam setahun.

  1. Masjid Agung – Xi’an, China

Masjid Agung adalah salah satu masjid tertua di Tiongkok yang didirikan pada abad ke-8. Dengan perpaduan arsitektur khas Tiongkok dan seni Islam, masjid ini adalah salah satu situs suci paling menarik di negeri ini.

Sebagai yang pertama dari empat ibu kota kuno Tiongkok, jangan lewatkan tur  untuk menjelajahi sejarah dan kisah budaya dari Xi'an.

  1. Masjid Tokyo Camii – Jepang

Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang, yang dibangun dengan gaya Ottoman yang megah oleh para imigran asal Turki dengan menggunakan bahan bangunan dan perabotan yang diimpor dari Turki.

Kunjungi Pusat Budaya Turki yang terletak berdekatan dengan masjid ini atau berbelanja makanan halal di supermarket halal yang baru dibuka di sekitar area masjid.

(rr)