www.beningpost.com

Travelling adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas wawasan Anda, membenamkan diri dalam budaya yang berbeda, dan belajar tentang sejarah dari tempat-tempat baru.

Mengunjungi museum lokal adalah cara terbaik untuk melakukannya! Untuk memperingati Hari Museum Nasional yang dirayakan setiap tanggal 12 Oktober, berikut adalah daftar enam museum terbaru yang menarik di seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang dirangkum oleh Agoda.

  1. Museum Nasional Qatar, Doha, Qatar

Dibuka bulan Maret 2019

Mendarat di Doha, sulit untuk melewatkan siluet unik dari Museum Nasional Qatar yang baru, yang terletak di sepanjang pantai Qatar. Dengan fasadnya yang memesona, museum ini dirancang berbentuk mawar gurun yang rumit dan langka, lengkap dengan kelopak-kelopak yang saling bertautan yang memukau dengan sudut-sudut yang unik yang mempercantik interior yang luas.

Jika Anda bepergian dengan anak-anak, museum ini adalah tempat yang tepat untuk membuka mata mereka terhadap sejarah unik Qatar. Galeri dan pameran-pameran permanen menampilkan perkembangan Qatar dari pusat perdagangan mutiara bergaya Bedouin yang megah hingga menjadi pusat energi dan teknologi modern.

Pameran-pameran yang diadakan bersifat imersif dan menawarkan pengalaman nyata sehingga membuat anak-anak tetap terlibat selama kunjungan. Terlebih lagi, museum ini juga menawarkan program acara bergulir yang memberikan perspektif baru bagi Anda dan keluarga Anda setiap kali Anda menjejakkan kaki di galeri.

Menginaplah di Golden Tulip Doha Hotel untuk menikmati pemandangan indah garis pantai Qatar.

  1. Museum TANK Shanghai, Shanghai, Cina

Dibuka bulan Maret 2019

Dengan ukuran 11 lapangan sepak bola, TANK Shanghai bukanlah museum lokal biasa. Museum ini diberi nama sesuai dengan tujuannya semula, yaitu tangki penyimpanan minyak untuk Bandara Longhua Shanghai, yang dibangun pada tahun 1917.

Kelima tangki ini telah diubah oleh perusahaan desain yang berbasis di Beijing menjadi pusat seni dan gaya hidup. Dua dari tangki tersebut kini bereinkarnasi menjadi galeri seni, sedangkan sisanya menjadi ruang multifungsi untuk kegiatan rekreasi dan hiburan sehingga menjadikan seluruh kompleks museum suatu tempat yang indah untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga Anda, yang dilengkapi dengan taman yang indah, plaza, toko buku, restoran, dan musik live.

Akhir Agustus lalu, TANK Shanghai meluncurkan pengalaman digitalnya yang unik yang menggabungkan banyak pameran yang mengeksplorasi hubungan antara manusia, seni dan teknologi yang menampilkan beberapa pertunjukan seni yang paling menakjubkan secara visual yang pernah Anda lihat.

Satu pertunjukan, misalnya, secara virtual menampilkan siklus mekarnya bunga selama setahun dalam rentang satu jam. Namun, bunga hanya mekar jika pengunjung di ruangan benar-benar dalam keadaan tidak bergerak. Jika pengunjung bergerak atau menyentuh bunga-bunga, program komputer real-time bereaksi terhadap interaksi itu, dan mulai menyebarkan bunga di sekitar area tersebut.

Setelah menjelajahi pameran museum sepuasnya, bersantailah di The Sukhothai Shanghai dekat West Nanjing Road untuk menyelesaikan perjalanan Anda.

  1. The Shed, New York, Amerika Serikat

Dibuka bulan April 2019

Jika Anda menyukai seni, jangan lupa untuk mampir ke The Shed jika Anda berada di New York. Ruang kreatif, energik, dan cantik ini adalah sebuah museum, pusat seni pertunjukan, dan area pop-up yang digabung menjadi satu. Bangunan ini memiliki delapan tingkat, dan mencakup dua ruang galeri terbuka yang besar dengan total 25.000 kaki persegi.

The Shed adalah tempat yang luar biasa bagi Anda untuk duduk dan menikmati keajaiban yang ditawarkan oleh seni dan budaya kota New York dan menemukan seniman-seniman baru dan berani dari AS. Pusat seni ini berkomitmen untuk menghadirkan karya-karya seni baru dan orisinal untuk ranah yang melampaui seni visual tradisional karena The Shed menampilkan karya seni dari seniman-seniman mapan dan pemula di bidang musik, teater, sastra, dan tarian.

Keajaiban puncaknya adalah kulit luarnya yang dapat dibuka, yang dapat diubah menjadi tempat seluas 17.000 kaki persegi yang disebut The McCourt untuk pertunjukan, pameran, dan acara besar. Ketika bagian luar tersebut ditarik, ruang berubah menjadi The Plaza yang digunakan sebagai area publik luar ruangan untuk berbagai program seni.

Jika Anda ingin beristirahat dari keramaian dan hiruk pikuk, Anda dapat keluar kota dan menginap di Inn at 34.

  1. Museum Seni Digital Mori Building, Tokyo, Jepang

Dibuka bulan Juli 2018

Museum Seni Digital Mori Building, ruang seni somatosensori besar yang mengawinkan seni dan teknologi, telah digambarkan sebagai tempat paling Instagramable di Tokyo. Kompleks luar biasa ini memiliki instalasi digital interaktif, yang dibuat oleh tim arsitek, insinyur, programmer, animator, matematikawan, seniman, perancang, dan banyak lagi interdisipliner lainnya.

Museum ini dibagi menjadi lima zona, termasuk Forest of Lamps, ruang tanpa batas yang dipenuhi dengan lampu yang peka gerak dan Athletics Forest, suatu zona ramah anak yang mendorong banyak aktivitas langsung.

Menginaplah di Daiwa Roynet Hotel Tokyo Ariake saat Anda mengunjungi Tokyo untuk kunjungan santai.

  1. Museum Bauhaus, Weimar, Jerman

Dibuka bulan April 2019

Salah satu gerakan seni paling berpengaruh di abad ke-20, Sekolah Bauhaus memicu gelombang inovasi di bidang arsitektur, desain, tarian dan teater di seluruh dunia. Museum Bauhaus baru di Weimar, Jerman diluncurkan untuk merayakan ulang tahun keseratus Sekolah Bauhaus dan menampilkan hampir seribu karya besar sejak awal gerakan.

Sempurna untuk para penggemar sejarah seni, Museum Bauhaus Weimar adalah tempat yang harus dikunjungi untuk mempelajari lebih banyak tentang warisan Bauhaus dan dampaknya terhadap kehidupan di Jerman di abad terakhir.

Menginaplah di Altstadt Suite yang terletak di pusat kota, yang merupakan lokasi yang sempurna untuk menjelajahi pemandangan Weimar. Anda dapat berjalan kaki dari hotel ini ke dua ikon wisata Weimar lainnya, yaitu Istana Kota Weimar dan Perpustakaan Duchess Anna Amalia. Anda juga dapat memesan tur jalan kaki pribadi ke Weimar untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah kota.

  1. Museum Pertanian, Bogor, Jawa Barat

Dibuka bulan April 2019

Indonesia baru saja secara resmi membuka museum pertanian pertamanya di Bogor. Museum terbesar di Asia Tenggara ini terbagi menjadi empat galeri utama, yang masing-masing akan membawa pengunjung ke era yang berbeda mulai dari masa awal sejarah pertanian Indonesia hingga Pertanian 4.0 di masa depan.

Terletak tepat di seberang Kebun Raya Bogor, museum ini juga merupakan tempat Instagramable yang sempurna. Anda dapat memilih latar belakang seperti sawah, rumah petani, hingga alat-alat pertanian. Terdapat juga sebuah kafe yang menyajikan berbagai produk seperti kopi, teh, dan cokelat dari seluruh Indonesia.

Juga akan dibuka zona atap untuk menikmati pemandangan menyegarkan Gunung Salak di mana Anda dapat beristirahat di gazebo sederhana di area pendidikan hidrofonik. Jelajahi Bogor dan Kebun Raya Bogor dari salah satu dari 147 properti Agoda di area ini.

Jika Anda mencari lebih banyak inspirasi, Agoda.com atau aplikasi Agoda mencantumkan lebih dari 30.000 tur museum yang tersedia beserta lebih dari dua juta pilihan akomodasi untuk memenuhi kebutuhan semua tipe wisatawan.

(rr)