www.beningpost.com

Perusahaan bahan kimia khusus, LANXESS, telah menetapkan target perlindungan iklim yang ambisius. Pada tahun 2040, Grup ini bermaksud untuk menjadi perusahaan dengan iklim netral dan menghilangkan emisi gas rumah kaca dari sekitar 3,2 juta ton CO2e saat ini.

Di tahun 2030, LANXESS bermaksud mengurangi emisinya hingga 50 persen dibandingkan tingkat saat ini menjadi sekitar 1,6 juta ton CO2e.

“Berdasarkan Perjanjian Paris, komunitas global memutuskan untuk membatasi pemanasan global hingga kurang dari dua derajat,” ujar Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management di LANXESS AG.

Tentunya hal ini, ujar Zachert  membutuhkan upaya besar-besaran dari setiap pihak yang terlibat. Melalui tujuan kami untuk mencapai netralitas iklim pada tahun 2040, kami memenuhi tanggung jawab kami sebagai perusahaan bahan kimia khusus global.

“Di saat yang sama, kami akan menjadi mitra yang lebih berkelanjutan bagi pelanggan kami di masa mendatang,” tuturnya.

Zachert juga menyoroti penghematan biaya jangka panjang terkait dengan penggunaan sumber daya yang lebih efisien, dengan mengatakan bahwa “perlindungan iklim adalah persoalan bisnis”.

Penurunan Gas Rumah Kaca Sebesar 50 Persen sejak LANXESS Didirikan

Sejak didirikan, LANXESS telah membuat kemajuan besar dalam usahanya untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Antara tahun 2004 dan 2018, Grup LANXESS telah mengurangi separuh emisi gas rumah kaca dari sekitar 6,5 juta ton CO2e menjadi sekitar 3,2 juta ton.

Kontribusi besar datang, salah satunya, dari pabrik reduksi nitro oksida di Krefeld-Uerdingen, Jerman, yang dibuka pada tahun 2009. Proyek ini telah menerima banyak penghargaan, termasuk dalam kompetisi “365 Landmarks in the Land of Ideas” dan “VCI Responsible Care Award North Rhine-Westphalia”.

Perusahaan bahan kimia khusus ini juga telah melakukan banyak proyek lain untuk menurunkan emisi di situs-situsnya di seluruh dunia dan mendukung inisiatif lokal untuk mengatasi perubahan iklim.

LANXESS telah mencapai target sebelumnya untuk meningkatkan efisiensi energi sehubungan dengan pengurangan emisi CO2 spesifik dan emisi senyawa organik yang mudah menguap masing-masing sebesar 25 persen dibandingkan tahun 2015.

Untuk mengukur emisinya, LANXESS memperhitungkan emisi gas rumah kaca yang didefinisikan dalam Protokol Kyoto dan menghitung efek rumah kaca perusahaan dibandingkan dengan karbon dioksida (CO2e).

LANXESS mencakup emisi dari produksinya sendiri (Cakupan 1) dan dari sumber energi eksternal (Cakupan 2) dalam perhitungan tersebut.

Strategi yang Jelas untuk Menurunkan Emisi

LANXESS mengambil pendekatan tiga cabang untuk menjadi netral iklim pada tahun 2040.

o  Meluncurkan proyek-proyek yang berdampak besar bagi perlindungan iklim:

Selama beberapa tahun ke depan, LANXESS akan melaksanakan proyek-proyek khusus untuk mengurangi gas rumah kaca secara signifikan. Sebagai contoh, Grup LANXESS saat ini tengah membangun fasilitas untuk dekomposisi nitro oksida di lokasi Antwerp-nya. Fasilitas baru ini akan mulai beroperasi pada tahun 2020 dan mengurangi emisi gas rumah kaca tahunan sekitar 150.000 ton CO2e. Setelah ekspansi kedua pada tahun 2023, emisi CO2e akan turun sebanyak 300.000 ton lagi.

Selain itu, LANXESS mengalihkan seluruh pasokan energi di lokasi India ke sumber energi terbarukan. Di sana, Grup memperluas pasokan biomassa dan tenaga surya secara besar-besaran dan tidak akan lagi menggunakan batubara atau gas di masa mendatang. Hal ini akan mengurangi emisi CO2e hingga 150.000 ton dari tahun 2024. Di bawah proyek-proyek ini dan langkah-langkah lain, LANXESS akan mengurangi emisi CO2e dengan total 800.000 ton pada tahun 2025, dan menginvestasikan hingga EUR 100 juta dalam prosesnya.

o Memisahkan emisi dan pertumbuhan:

LANXESS berada di jalur pertumbuhan. Tetapi meskipun ada peningkatan produksi, emisi gas rumah kaca di unit-unit bisnis individual akan menyusut. Selain efisiensi teknologi, perubahan pada instrumen tata kelola memainkan peran, dengan dampak pada jejak karbon perusahaan yang menjadi kriteria investasi untuk pertumbuhan dan akuisisi organik. Hal ini memberikan keuntungan finansial langsung bagi unit-unit bisnis yang mencapai pengurangan yang lebih baik dari rata-rata dalam hal emisi gas rumah kaca. Selain itu, menurunkan kadar CO2e akan diperkenalkan sebagai kriteria penilaian dalam sistem bonus untuk para manajer.

o Memperkuat proses dan inovasi teknologi:

LANXESS sedang merevisi banyak proses produksinya yang telah ada untuk menjadi netral iklim pada tahun 2040. Sebagai contoh, Grup akan terus meningkatkan struktur Verbund-nya, misalnya terkait pertukaran panas antara tanaman dan pemurnian udara. Prosedur lain pertama-tama harus dikembangkan pada skala industri. Oleh karena itu, Grup LANXESS memfokuskan penelitiannya lebih dekat pada proses netral iklim dan inovasi teknologi.

(rr)