www.beningpost.com

Tak terasa kita sudah memasuki tahun baru 2020 dan sudah satu bulan berjalan. Masyarakat kembali melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing, salah satunya dengan kendaraan pribadi sebagai sarana mobilitasnya, khususnya mobil Daihatsu.

Rutinitas yang sudah berjalan normal ini kadang membuat pemilik kendaraan luput atau lupa dalam mengecek kendaraannya sendiri, terlebih bagi pelanggan yang memang sangat sibuk sampai tidak sempat datang ke bengkel, kecuali untuk melakukan perawatan berkala setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali mana yang lebih dahulu tercapai.

Kali ini Daihatsu membagikan tips agar mobil Sahabat tetap aman dan nyaman selama digunakan beraktivitas sehari-hari, berikut tipsnya :

o  Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu.

o  Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

o  Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

o  Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

o  Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.

o  Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

“Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari,” ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Menurut Bambang, sahabat juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal Daihatsu.

(rr/Syam)