www.beningpost.com

Setelah sekian lama melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutuskan mata rantai penularan wabah virus COVID-19, pemerintah berencana akan melakukan relaksasi sosial yang disebut sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal.

AKB atau New Normal memberikan ruang pada masyarakat untuk memulai aktivitas seperti biasa namun disertai protokol kesehatan yang ketat.

Di lain pihak, mobil milik AutoFamily yang sudah lama parkir di rumah mengikuti himbauan #DiRumahAja mungkin saja tidak bisa langsung dipakai saat kondisi New Normal mulai dijalankan.

Ada beberapa rangkaian pengecekan harus dilakukan oleh AutoFamily untuk memastikan kendaraan Toyota miliknya siap beroperasi.

Pemeriksaan Sebelum Mesin Dinyalakan

Pengecekan awal tentunya pada tekanan angin ban. Termasuk memeriksa kondisi ban serep. Pastikan pula tidak ada penghalang di kolong mobil yang bisa mengganggu seperti ganjal ban, tetesan oli, atau bahkan binatang seperti kucing yang tidur, termasuk potensi ada binatang di kolong spatbor dan ruang mesin lantaran mobil tidak pernah dijalankan.

Buka kap mesin dan periksa ketinggian oli mesin lewat dipstick. Pastikan ketinggian oli mesin berada di antara high dan low. Perhatikan pula warna dari oli mesin, bila warnanya berubah seperti kopi susu, segera ganti karena ada risiko terkontaminasi oleh air. Walaupun mobil tidak dipakai, namun AutoFamily harus tetap mengganti oli mesin sesuai waktu yang ditentukan oleh buku pedoman service.

Lakukan pula pengecekan pada cairan lain seperti air radiator, washer wiper, minyak rem, dan air aki. Pastikan kecukupan cairan tersebut dan tidak ada kebocoran yang bisa menimbulkan masalah. Periksa kondisi terminal aki, sambungan dan jalur kabel karena ada risiko digigit tikus saat dibiarkan di dalam garasi, lanjut kekencangan fan belt untuk menjamin semua dapat beroperasi dengan baik saat dipakai.

Pemeriksaan Setelah Mesin Dinyalakan

Sebelum mesin dinyalakan, coba nyalakan klakson dan mainkan lampu luar mobil. Jika mati, berarti ada masalah di sistem kelistrikan dan harus diperiksa lebih jauh sebelum mesin dinyalakan. Putar kunci kontak ke ON, dan lihat apakah ada lampu indikator yang mati. Kalau aman, nyalakan mesin mobil dan biarkan beberapa saat supaya oli mesin bersirkulasi dengan baik yang ditandai oleh putaran mesin lebih stabil. Perhatikan seksama, apakah ada suara aneh timbul? Segera periksa sumbernya jika ada.

Perhatikan kembali lampu indikator di balik kemudi, apakah ada yang abnormal seperti mati atau berkedip-kedip? Jika tidak, coba fungsikan fitur-fitur mobil seperti lampu, audio, dan AC secara bersamaan untuk memastikan tidak ada masalah di sistem kelistrikan. Termasuk pula mainkan tombol power window di seluruh kaca, lampu sein, dan wiper depan-belakang untuk memastikan seluruhnya berfungsi normal. AutoFamily tentu tidak mau kan saat hujan turun dan ternyata wiper mati?

Pemeriksaan Berkendara

Sebelum dibawa jalan, cobalah mainkan pedal gas. Apakah terdeteksi suara mesin yang aneh seperti tersendat-sendat atau putaran mesin tidak stabil ketika idle? Pantau pula indikator untuk berjaga-jaga andai tiba-tiba ada lampu yang nyala. Masukkan gigi ke D untuk transmisi otomatis atau gigi 1 untuk transmisi manual, dan rasakan apakah ada masalah saat proses dijalankan.

Maju perlahan dan injak rem sedikit untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah yakin aman, baru ajak mobil berjalan keliling lingkungan rumah sembari memperhatikan bila ada gejala masalah. Jalankan mobil dalam kecepatan normal, dan pastikan seluruh perangkat bekerja dengan baik, seperti rem dan setir. Periksa indikator bahan bakar dan segera isi ke SPBU kalau kurang dari setengah untuk mengurangi risiko tangki bensin terkontaminasi oleh uap air.

Protokol Kesehatan New Normal

Penerapan AKB atau New Normal menuntut pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, termasuk untuk AutoFamily yang mengendarai mobil. Seperti kewajiban menggunakan masker untuk pengemudi dan penumpang serta jumlah penumpang yang hanya boleh 50% dari kapasitas normal. Siapkan masker di laci dasbor sebagai cadangan dan hand sanitizer di panel pintu untuk dipakai membersihkan tangan saat masuk dan keluar mobil.

Sediakan produk interior cleaner dan exterior cleaner untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang seperti hendel pintu, tutup tangki bensin, dan area kokpit seperti setir, tuas transmisi, dan rem parkir. Produk interior dan exterior cleaner dalam bentuk Car Care Kit dapat AutoFamily beli dan pesan di website Auto2000 sehingga AutoFamily cukup di rumah saja.

Manfaatkan THS – Auto2000 Home Service

Untuk AutoFamily yang tidak ingin repot atau kesulitan menjalankan prosedur pengecekan di atas, Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia menyediakan layanan THS – Auto2000 Home Service untuk melakukan servis berkala sekaligus pengecekan kondisi kendaraan pelanggan. Petugas THS akan memastikan mobil Toyota milik AutoFamily siap untuk dipakai saat kondisi New Normal diterapkan.

Kian mudah dan nyaman lantaran Auto2000 sedang menjalankan program “Ramadhan THS Peduli”. Program ini memberikan keuntungan ekstra karena petugas THS – Auto2000 Home Service juga melakukan check-up mobil gratis sekitar 50 item pengecekan. Bagian yang diperiksa merupakan part yang punya peran penting dan harus diperhatikan kondisinya. AutoFamily dapat melakukan booking servis berkala lewat THS – Auto2000 Home Service di Auto2000 Digiroom dan tinggal menunggu petugas THS datang ke rumah di waktu yang telah ditentukan.

“Menjalani New Normal yang butuh mobilitas kembali, AutoFamily harus memastikan mobil yang lama tidak dipakai dalam kondisi yang prima. Supaya mudah dan nyaman, layanan THS – Auto2000 Home Service siap melaksanakan tugas pengecekan dan service kendaraan agar mobil AutoFamily kembali prima. Segera booking layanan THS – Auto2000 Home Service dengan mengakses website Auto2000.co.id,” terang Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (30/5/2020).

(rr/Syam)