www.beningpost.com

PT Metrodata Electronics Tbk (“MTDL” atau Perseroan), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”) mencatat laba bersih pada Kuartal III‐2020  tumbuh sebesar 3,43% YoY atau menjadi sebesar Rp267,7 Miliar.

Susanto Djaja selaku Presiden Direktur MTDL, dalam Paparan Publik yang dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu (18/11/2020) menyatakan bahwa MTDL memperkirakan pendapatan di tahun 2020 mencapai sekitar Rp14 Triliun atau lebih rendah dibandingkan tahun 2019.

Susanto mengemukakan alasan penurunan pendapatan MTDL ini merupakan dampak dari pandemi yang menyebabkan market yang menurun, keterbatasan persediaan untuk beberapa produk IT, serta banyak dealer tutup di masa PSBB ketat di Kuartal II‐2020.

Namun demikian, sambungnya, dengan meningkatnya penjualan di Unit Bisnis Solusi dan Konsultasi serta berkurangnya persaingan harga akibat terbatasnya persediaan di unit bisnis Distribusi, maka hal ini menghasilkan margin laba yang lebih baik bagi MTDL.

Untuk itu, MTDL memperkirakan dapat mencapai laba bersih tahun 2020 yang hampir serupa dibandingkan dengan tahun 2019, yaitu sekitar Rp350 Miliar.

“Oleh karena itu, dengan terus memperlengkapi layanan MTDL baik di unit bisnis Distribusi maupun Solusi dan Konsultasi, diharapkan kinerja MTDL dapat terus bertumbuh positif. Salah satu strateginya adalah dengan memperkuat delapan pilar Solusi dan Konsultasi MTDL,” tambahnya.

Sjafril Effendi selaku Direktur MTDL sekaligusPresiden Direktur MII menambahkan, dari sisi unit bisnis Distribusi, MTDL juga fokus pada tren Cloud, Gaming, dan Security, serta terus memenuhi kebutuhan produk‐produk TIK, mulai dari Notebook, PC, Smartphone, dan produk Collaboration Solution.

Ke depan, ujar Sjafril, unit bisnis Distribusi akan terus mengembangkan digital platform business, yaitu E‐commerceB2B, Cloud Distribution, Electronic Software Distribution, Vendor Branded Store API, B2B2C

API, Offline to Online, dan B2G Platform. Untuk B2B2C API, saat ini MTDL sedang merencanakan dan mempersiapkan platform untuk memfasilitasi partner atau dealer untuk berjualan di marketplace melalui platform yang terhubung dengan MTDL, di mana nantinya MTDL yang akan melakukan pengiriman barang (dropship).

(rr/Syam)