www.beningpost.com

The 5th Carvaganza Editors’ Choice Awards telah dipastikan akan kembali digelar pada tahun ini, setelah sempat absen pada tahun lalu.

Tahun ini menjadi kelima kalinya Carvaganza menggelar ajang penghargaan tahunan tersebut untuk memberikan apresiasi kepada pelaku industri otomotif di Indonesia dalam menghadirkan produk terbaik bagi konsumen. Setelah melalui berbagai tahap, kami telah menyeleksi para kandidat untuk setiap penghargaan.

Carvaganza Editors’ Choice Awards yang telah dirintis sejak tahun 2016 mengisahkan tentang keinginan untuk menjadi bagian energi dari industri otomotif nasional yang terus tumbuh. Juga merupakan bagian dari cerita tentang antusiasme kami para jurnalis di dalam menghargai passion kami terhadap otomotif. Dan membagikan passion itu kepada para pembaca.

Berbeda dengan empat edisi sebelumnya, Carvaganza Editors’ Choice Awards edisi 2021 dilakukan dengan format yang berbeda oleh Carvaganza sebagai media otomotif khusus roda empat.

Penghargaan pada edisi kali ini diberikan berdasarkan 14 kategori yang telah ditentukan. Masing-masing kategori mewakili keunggulan dari setiap aspek penilaian khusus yang dilakukan tim editorial Carvaganza.

Dari 14 kategori itu, satu kategori di antaranya dinobatkan sebagai  mahkota paling bergengsi secara keseluruhan. Carvaganza sendiri telah melalukukan enam kali tahap diskusi pemilihan kandidat dan finalis untuk setiap kategori, yang turut melibatkan seluruh tim editorial OTO Media Group.

Pada empat gelaran sebelumnya, Carvaganza Editors’ Choice Awards selalu menerapkan penilaian berdasarkan favoritisme atau subyektivitas dari setiap jurnalis Carvaganza. Kali ini penilaian mobil-mobil yang terkualifikasi menjadi nominasi dipertimbangkan dengan lebih matang, tidak lagi berdasarkan favoritisme setiap jurnalis semata.

Bukannya kami meninggalkan nilai lama, namun untuk menambahkan nilai baru untuk mempertinggi bobot penghargaan yang diberikan untuk setiap pemenang.

Berikut empat belas kategori yang disertakan pada Carvaganza Editors’ Choice Awards tahun ini beserta nominasinya:

Best Engineering Excellence Award:
Honda Civic Hatchback, All-New Nissan Kicks e-POWER, Daihatsu Rocky, Toyota Corolla Cross, Mazda The CX-9

Best Design Award:
Toyota Corolla Cross, BMW Seri 3 Touring, Hyundai All-New Palisade, Lexus UX 300e, Peugeot 5008

Best Electric Car Award:
Hyundai IONIQ Electric, Lexus UX 300e, Porsche Taycan, Hyundai Kona Electric, Tesla Model 3

Best Sports Car Award:
BMW M2 CS, Toyota GR Supra, Porsche Taycan, MINI JCW GP, Honda Civic Type R

Best Luxury Award:
Lexus LM 350, Mercedes-Benz S-Class, Porsche Cayenne Coupe, BMW Seri 5 M Sport, Hyundai Palisade

Best Innovation Award:
Wuling Almaz RS, Toyota Raize, Mitsubishi Pajero Sport, Kia Sonet, All-New Nissan Kicks e-POWER

Best Driving Experience Award:
Hyundai Kona Electric, Toyota Corolla Cross, Mazda CX-3, Honda City Hatchback RS, Peugeot 3008

Best Newcomer Award:
Toyota Raize, Daihatsu Rocky, MG HS, Kia Sonet, Honda City Hatchback RS

Best Features Award:
Wuling Almaz RS, Daihatsu Rocky, Kia Seltos, Mazda CX-9, Hyundai Santa Fe

Best Functionality Award:
Honda Brio, Suzuki XL7, Toyota Kijang Innnova, Mitsubishi Xpander, Toyota Agya

Best Hybrid Car Award:
Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks e-POWER, Toyota Prius PHEV, Mitsubishi Outlander PHEV

Best All-Rounder Award:
Mitsubishi New Pajero Sport, Toyota Fortuner, Hyundai Santa Fe, Mazda CX-9 AWD, Suzuki Jimny

Best Product Development Award:
Mazda CX-3 Sport 1.5L, Honda HR-V, Kia Seltos, Toyota Corolla Cross, Nissan Magnite

Best Carvaganza Editors’ Choice Award 2021:
Satu mobil terbaik dari seluruh nominator dan kategori

Beberapa poin yang menjadi pertimbangan mendasar kami di dalam menyeleksi mobil-mobil yang masuk nominasi di antaranya adalah kestabilan handling, kenikmatan berkendara, keindahan style body dan kualitas. Juga desain interior, performa, kenyamanan, fitur-fitur dan teknologi. 

Bagi kalangan car enthusiast yang menjadi audiens Carvaganza, nilai-nilai itu adalah hal sakral di dalam menentukan ‘harga’ sebuah kendaraan.

Kendaraan bukan sekadar benda mati dan ditugaskan untuk berpindah-pindah tempat. Melainkan telah menjadi personifikasi pemiliknya, sebagai personal statement dan bagian dari gaya hidup.

Meskipun memang, faktor money-wise dapat menjadi pertimbangan ketika membeli mobil, namun tidak melulu menjadi bahan pertimbangan utama.

Dengan adanya Carvaganza Editors’ Choice Award 2021 ini, kami mengharapkan penghargaan ini bisa memberikan sumbangsih positif kepada industri otomotif Indonesia. Dan menjadi bagian peranan kami sebagai media otomotif nasional. Selain itu juga bisa menjadi panduan konsumen di dalam memilih kendaraan yang diinginkan.

Pengumuman pemenang Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 akan digelar pada hari Kamis, tanggal 5 Agustus 2021 pada jam 19.00 WIB, yang dapat disaksikan melalui platform YouTube, Facebook dan Instagram Carvaganza, The Official Oto dan Zigwheels Indonesia.

(rr/Syam)