www.beningpost.com

Perusahaan bahan kimia khusus LANXESS menyelesaikan akuisisi terbesar kedua dalam sejarahnya pada 3 Agustus dengan pengambilalihan Emerald Kalama Chemical. Produsen bahan kimia khusus yang berbasis di AS itu mayoritas dimiliki oleh afiliasi perusahaan ekuitas swasta American Securities LLC.

Semua persetujuan regulator yang diperlukan telah diterima. Nilai perusahaan Emerald Kalama Chemical adalah USD 1,075 miliar (EUR 900 juta). Setelah dikurangi liabilitas, harga pembelian sekitar USD 1,04 miliar (EUR 870 juta), yang dibiayai LANXESS dari likuiditas yang ada.

“Emerald Kalama Chemical memberi dorongan besar lain di jalur pertumbuhan kami. Bisnis baru adalah strategi yang cocok untuk kami. Kami memperkuat posisi kami di pasar dengan tingkat pertumbuhan yang menarik dan membuka area aplikasi baru dengan margin tinggi, terutama di sektor minuman dan makanan atau dalam produk pembersih dan kosmetik. Tidak hanya itu,” kata Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management LANXESS AG.

Menurut Zachert, Emerald Kalama Chemical terintegrasi dengan sempurna, memperkuat rantai nilai kami dalam Consumer Protection. Segmen ini merupakan mesin penting yang membuat LANXESS lebih stabil dan menguntungkan. Sebuah tim yang kuat saat ini bekerja dengan kecepatan penuh untuk memastikan integrasi yang cepat.

Dengan transaksi ini, LANXESS memperoleh tambahan sekitar 470 karyawan dengan tiga lokasi produksi di Kalama/Washington (AS), Rotterdam (Belanda) dan Widnes (Inggris Raya).

Pada 2020, Emerald Kalama Chemical mencatatkan penjualan global sekitar USD 425 juta (EUR 375 juta) dan EBITDA pre exceptionals sekitar USD 90 juta (EUR 80 juta).

Dalam tiga tahun, LANXESS mengharapkan tambahan kontribusi pada EBITDA tahunan sekitar USD 30 juta (EUR 25 juta) dari sinergi tersebut. Setelah rampung, akuisisi tersebut akan meningkatkan pendapatan per saham secara bertahap pada tahun fiskal pertama.

Ekspansi portofolio produk untuk sektor layanan konsumen

Sekitar tiga perempat penjualan dari bisnis yang diakuisisi diperoleh dari produk khusus untuk layanan konsumen.

Akuisisi ini menjadikan LANXESS sebagai salah satu penyedia perasa makanan dan wewangian terkemuka – sektor yang diharapkan LANXESS dapat mencatatkan tingkat pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan.

Zat ini digunakan terutama dalam produk perawatan pribadi, kosmetik dan wewangian eksklusif, selain makanan dan minuman. Rangkaian produk dalam portofolio LANXESS yang baru mencakup lebih dari 30 bahan kimia aroma dengan wewangian natural, bunga, buah, pedas dan herbal.

LANXESS menggabungkan bisnis ini ke dalam unit bisnis Flavours & Fragrances yang baru didirikan, dan akan menjadi bagian dari segmen Consumer Protection.

Akuisisi ini juga memperkuat posisi terdepan LANXESS dalam bisnis pengawet. Produk-produk baru ini akan digunakan dalam aplikasi dengan pertumbuhan tinggi pada industri makanan dan minuman, serta deterjen, pelembut kain, kosmetik dan produk perawatan pribadi.

Bahan kimia khusus untuk aplikasi industri

Sekitar seperempat penjualan dari bisnis yang diakuisisi, tercatat oleh bahan kimia khusus untuk aplikasi industri dengan pertumbuhan tinggi, terutama di industri plastik, cat dan pelapis dan perekat. Produk-produk tersebut akan diintegrasikan ke dalam unit bisnis Polymer Additives.

Euro yang digunakan berdasarkan nilai tukar EUR/USD = 1,14 (nilai rata-rata pada tahun 2020). Nilai perusahaan dan harga pembelian dikonversi menggunakan nilai tukar saat ini EUR/USD = 1,19.

(rr)