www.beningpost.com

PT Pertamina Lubricants (PTPL) terus gencar melakukan ekspansi dan memasarkan produknya di pasar internasional. Gebrakan ini dimulai pada tujuh tahun lalu, ketika tahun 2014 PTPL secara resmi melakukan akuisisi salah satu produsen pelumas di Bangkok, Thailand, yang kini dikenal sebagai Pertamina Lubricants Thailand Co. Ltd.

Direktur Utama PTPL, Ageng Giriyono menyatakan bahwa sejak akuisisi tersebut, Pertamina Lubricants Thailand Co. Ltd. memang digunakan sebagai salah satu ujung tombak PTPL dalam mengembangkan pasar dan memperluas cakupan pemasaran pelumas Pertamina di pasar Asia dan Indochina pada khususnya.

“Akuisisi ini merupakan milestone Pertamina Lubricants menuju world class lubricants company dengan memperkuat posisi Pertamina Lubricants di pasar regional, terutama negara-negara berkembang yang berpotensi besar seperti Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, serta tentunya Thailand,” jelas Ageng.

Menurut Ageng, ekspansi berlanjut, dan pada tahun 2018 secara resmi PTPL memiliki Representative Office Australia yang berlokasi di Sydney sebagai komitmen kami melayani konsumen di benua kangguru tersebut.  

Kini, pelumas karya anak bangsa yang merupakan produk unggulan PTPL yakni Fastron sudah eksis dan dipasarkan di 14 negara di benua Asia, Afrika, dan Australia.

PTPL juga telah memiliki distributor pelumas di 12 negara di Asia, 2 distributor Afrika yakni di Afrika Selatan dan Nigeria, serta 1 distributor dan 2 sub-distributor di Australia.

Tidak berhenti disitu, pelumas Fastron juga dipercaya bagi pabrikan mobil internasional. Sejak tahun 2020 dan hingga 2021, PTPL menjadi Technical Partner dari pabrikan mobil super asal Italia yakni Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championship.

Prestasi ini memperkuat eksistensi dan kualitas pelumas Pertamina yang dapat diandalkan dalam kancah olahraga balap internasional.

“Sebagai Technical Partner, kami menyediakan Fastron Platinum Racing bagi tim Lamborghini Squadra Corse. Sekali lagi ini membuktikan bahwa PTPL siap dan mampu memproduksi berbagai varian pelumas berkualitas untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk diformulasi khusus bagi pasar olahraga balap,” lanjut Ageng.

Ageng optimis dan terus berkomitmen melakukan pengembangan bagi dari segi ekspansi bisnis, serta dari segi pengembangan kualitas pelumas Pertamina.

“Kami akan terus menguatkan pertumbuhan bisnis pelumas baik di dalam maupun luar negeri, ini sejalan dari Program Go Retail dan Go Expansion pada Sub Holding Commercial & Trading sebagai induk perusahaan PTPL. Komitmen PTPL adalah memberikan produk dan layanan terdepan bagi konsumen-konsumen kami,” pungkas Ageng.

(rr/Syam)