www.beningpost.com

Thanh Wong, Managing Editor, Red Hat Blog menyatakan, meskipun industri telekomunikasi terbiasa dengan enterprise open source, di mana 95% responden yang kami survei sudah menggunakannya, enterprise open-source juga berada di titik balik dengan munculnya komputasi edge, kecerdasan buatan dan machine learning (AI/ML), serta 5G yang diimplementasikan dengan cepat.

Menurut laporan "The State of Enterprise Open Source" yang kami terbitkan awal tahun ini, open source akan terus berperan penting untuk masa depan telekomunikasi.

Berdasarkan data dari 13 negara, laporan ini menunjukkan gambaran bagaimana, di mana dan mengapa pemimpin IT di dunia serta berbagai sektor lainnya menggunakan enterprise open source. Mari kita lihat posisi penyedia layanan telekomunikasi untuk memahami revolusi teknologi mereka.

Keamanan adalah faktor penting dalam memilih enterprise open source

Dalam industri, enterprise open source digunakan untuk pengembangan aplikasi (66%), modernisasi infrastruktur IT (63%) dan transformasi digital (59%). Ketika penyedia layanan memodernisasi infrastruktur mereka untuk menyediakan konektivitas dari inti hingga ke edge, mereka membutuhkan jalur aman untuk meningkatkan efisiensi.

Para pemimpin IT perusahaan telekomunikasi menyebut ‘keamanan yang lebih baik’ dan ‘kemampuan memanfaatkan teknologi open source dengan aman’ sebagai pertimbangan utama dalam memilih enterprise open source, dan 74% menyebutkan enterprise open source sebagai bagian utama dalam strategi keamanan organisasi mereka.

Penggunaan open source yang diperluas untuk teknologi yang berkembang

Banyak responden memperkirakan penggunaan enterprise open source untuk teknologi baru meningkat dalam dua tahun ke depan, dengan dua pertiga pemimpin IT menyebutkan AI/ML (artificial learning/machine learning) sebagai bidang pertumbuhan utama, baru kemudian komputasi edge/ Internet of Things (IoT).

Peran Kubernetes dalam strategi cloud native perusahaan telekomunikasi

Dunia industri saat ini sedang beralih ke containers  dan memanfaatkan RAN virtual dalam proses merevolusi radio access networks (RAN). Dalam survei kami, 94% responden mengatakan Kubernetes penting dalam strategi aplikasi cloud native mereka. Mayoritas pemimpin perusahaan telekomunikasi juga menunjukkan bahwa mereka lebih suka menggunakan beberapa vendor cloud.

Ekosistem mitra Red Hat dan tugas kami adalah mendorong inovasi open source serta membantu penyedia layanan komunikasi untuk menemukan fleksibilitas yang mereka cari. Fleksibilitas bukan satu-satunya faktor penting bagi pemimpin perusahaan telekomunikasi, namun juga open source, dimana 85% mengaku cenderung memilih vendor yang berkontribusi pada komunitas open source.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi mengenai industri telekomunikasi? Dapatkan infografis di The State of Enterprise Open Source: Telecommunications.

(rr)