www.beningpost.com

Kompetisi bisnis di era baru terus berkembang. Berbagai upaya untuk menciptakan inovasi dan pelayanan terbaik bagi pelanggannya menjadi hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh tiap bisnis usaha agar tetap dapat tumbuh berkelanjutan, termasuk Asuransi Astra.

Tahun ini, untuk kesekian kalinya, Asuransi Astra melalui produk asuransi mobilnya, Garda Oto kembali meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021 dari majalah SWA dengan predikat Platinum.

Penyerahan penghargaan yang diselenggarakan secara virtual ini diterima baik oleh Gunawan Salim selaku Chief Marketing Officer – Retail Business Asuransi Astra. 

IBBA 2021 ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada brand yang mampu mempertahankan dan bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang memberikan dampak secara langsung pada sektor perekonomian di Indonesia.

Penilaian tersebut dilakukan melalui survei di beberapa kota besar di Indonesia dengan kurun waktu selama tiga bulan. Dengan metode multistage random sampling, survei dilakukan pada lebih dari 10.000 responden untuk mengetahui merek terbaik dari berbagai kategori produk. 

Riset yang dilakukan oleh MARS Digital ini tentu menggunakan beberapa variabel penilaian untuk mengetahui brand value (nilai atau kualitas merek) dari setiap brand yang dinilai, yaitu adalah Brand Awareness (popularitas merek), Ad Awareness (popularitas iklan), Brand Usage (tingkat penggunaan merek), Perceived Quality (tingkat kualitas merek), Satisfaction (tingkat kepuasan pelanggan), Brand Loyalty (tingkat kualitas terhadap merek), Brand Association (tingkat asosiasi merek), dan Brand Recommendation (tingkat rekomendasi terhadap merek).

Dari proses penilaian tersebutlah, Garda Oto ditetapkan menjadi salah satu brand yang berhasil pada kategori Asuransi Mobil Terbaik. Hal tersebut sekaligus menunjukkan konsistensi Garda Oto dalam memberikan rasa peace of mind kepada seluruh pelanggannya. 

Inovasi dan terobosan pada pelayanan dan produk yang dihadirkan Asuransi Astra ini juga tentu bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan itu sendiri.

Selain menciptakan service excellent pada seluruh pelayanan Garda Akses, Garda Siaga, Garda Center, melihat adanya pergerakan yang sangat pesat di dunia digital, berbagai kebutuhan pelanggan Garda Oto mulai dari proses pembelian polis, lapor klaim, pemantauan status klaim, hingga akses untuk meminta bantuan layanan darurat Garda Siaga bisa dipenuhi dengan mengakses aplikasi Garda Mobile Otocare yang dilengkapi dengan chatbot pintar GarXia. 

“Berbeda dengan tahun 2020, tahun 2021 ini kita sudah harus mengambil langkah dan begerak cepat untuk beradaptasi dalam menghadapi era normal baru dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan. Penghargaan yang diraih ini tentu menjadi motivasi lainnya bagi kami untuk dapat terus berkomitmen menerapkan salah satu tata nilai perusahaan Asuransi Astra, yaitu agility saat menghadapi berbagai tantangan ke depan dengan membawa service excellence dengan suatu perubahan yang berkelanjutan,” ujar Gunawan Salim.

(rr/Syam)