www.beningpost.com

AC mobil merupakan fitur yang biasa ada di setiap mobil. Cuaca panas dan terik bisa menyulitkan saat berkendara di siang hari. Sementara ketika hujan, embusan udara dingin AC membantu menghilangkan embun dari kaca mobil.

Mengingat pentingnya fungsi AC mobil, berikut adalah tips mudah perawatan AC mobil yang bisa dilakukan secara mandiri. Tips ini merupakan bagian dari konten Tanya Bengkel channel resmi Youtube Auto2000 ID dengan judul 6 Cara Merawat AC Mobil Paling Murah.  

  1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil  

Kabin mobil yang kotor dan berdebu dapat mengganggu kebersihan AC mobil. Kondisi ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan udara yang diembuskan juga menjadi tidak sehat karena kotor. Apalagi mengingat AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.  

  1. Hindari Membuka Kaca Mobil Saat Berjalan  

Kondisi tertentu seperti ketika membayar tol atau parkir membuat AutoFamily wajib membuka kaca mobil, dan itu tidak bisa dihindari. Segera tutup kaca mobil setelah urusan selesai sehingga kotoran tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil. Usahakan untuk tidak membuka kaca jika tidak ada kepentingan. Perlakuan ini juga membuat kabin tetap sejuk dan kerja AC tidak terlalu berat karena udara di dalam mobil selalu dingin.  

  1. Jangan Merokok di Dalam Mobil  

Aroma tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di berbagai sudut kabin mobil. Asap rokok juga mempunyai potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan aroma tidak sedap dari nikotin yang berbahaya bagi kesehatan akan bercampur dengan udara pendingin kabin. Selain itu, asap rokok akan menempel di filter kabin atau filter AC yang menyaring udara dari AC mobil sehingga memperpendek usia pakainya, bahkan dapat memicu kerusakan.  

  1. Selalu Bersihkan Filter AC Mobil  

Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya sebagai filter kabin merupakan penyaring udara yang dipakai untuk mendinginkan kabin mobil. Posisi filter AC biasanya berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi ini sangat rentan kotor, makanya AutoFamily harus memastikan kebersihan filter AC mobil untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil tetap segar dan bersih. Apabila AutoFamily saat menyalakan AC merasa sudah tidak terasa segar dan kurang nyaman,  AutoFamily dapat berkonsultasi  kepada Service Advisor bengkel Auto2000 untuk dilakukan pengecekan atau jika perlu pembersihan.   

  1. Gunakan Pengharum Mobil yang Sesuai  

Aroma wangi yang keluar dari pengharum mobil belum tentu cocok untuk semua orang. Untuk amannya, gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat. Selain itu, pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior mobil seperti meninggalkan bercak noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, karena bila salah pilih terdapat kandungan kimia di bahan pengharum yang malahan mengotori kondensor AC.  

  1. Selalu Lakukan Servis Berkala di Bengkel Auto2000  

Servis berkala memastikan kondisi mobil selalu prima, baik mesin, kaki-kaki, hingga pendingin kabin. Tujuannya supaya AutoFamily merasa nyaman selama dalam perjalanan karena seluruh fitur mobil, termasuk AC mobil, berfungsi dengan baik dan optimal. Lakukan servis berkala sesuai buku panduan perawatan kendaraan yakni setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.  

Untuk pelaksanaan servis berkala, bisa dilakukan di cabang Auto2000 terdekat atau memesan layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah pelanggan. Silakan order lewat Auto2000 Digiroom supaya dapat terlayani dengan baik di waktu yang diminta.  

Khusus untuk AutoFamily yang memiliki mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 km atau sudah tidak memiliki kuota free service, dapat memanfaatkan Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan). Pelanggan bisa menghemat sampai dengan Rp 1.100.000 dari biaya servis berkala secara total Jika membeli paket servis ini. Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spare parts yang dibutuhkan. Silakan booking via Auto2000 Digiroom untuk memanfaatkannya.  

“Penting bagi AutoFamily untuk selalu menjaga kebersihan kabin mobil supaya AC dapat bekerja dengan baik dan terasa nyaman saat mobil dikendarai. Urusan Toyota lebih mudah, silakan booking servis berkala sekaligus perawatan AC lewat Auto2000 Digiroom karena AC mobil perlu dirawat untuk memastikannya bebas masalah. Jangan lupa pula untuk subscribe channel resmi Youtube Auto2000 ID sehingga AutoFamily akan selalu terinfo tips dan trik perawatan mobil ataupun informasi lainnya yang bermanfaat,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Selasa (11/1/2022).

(rr/Syam)