www.beningpost.com

Kohler, pemimpin produk dapur dan kamar mandi, hari ini (10/8) membuka fasilitas manufaktur pertamanya di Indonesia, melengkapi lebih dari 50 lokasi manufaktur di seluruh dunia.

Dibangun di atas tanah seluas 20 hektare dengan ukuran bangunan sebesar 65 ribu meter persegi, pabrik ini akan memproduksi produk-produk vitreous china (VC) Kohler, yang meliputi toilet, wastafel, dan urinal.

Ketika sudah beroperasi dengan kapasitas penuh, fasilitas ini akan mempekerjakan lebih dari 1.000 orang karyawan dan memberi kesempatan besar kepada Kohler untuk memberdayakan penduduk dan keluarga mereka di area tersebut.

Peresmian pabrik Kohler di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dilakukan oleh President dan CEO Kohler Co. David Kohler dan Plt Dirjen Industri Kimia, Farmasi, Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito, dihadiri oleh Bupati Bekasi Dani Ramdan, para pejabat setempat, serta Kohler dan para mitra Kohler.

“Atas nama Pemerintah Republik Indonesia, kami menyampaikan apresiasi kepada PT Kohler Manufacturing Indonesia yang telah bersinergi bersama dalam membangun iklim usaha dan merealisasikan investasi di Indonesia. Kami berharap pabrik ini dapat beroperasi secara optimal dan menghasilkan produk dengan daya saing tinggi, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik tetapi dapat menjadi pemain utama di pasar regional dan global,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengenai peresmian pabrik Kohler di kawasan Deltamas, Cikarang, pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Menperin menyatakan bahwa pihaknya senantiasa siap memberikan dukungan dan fasilitasi bagi setiap upaya PT. Kohler Manufacturing Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut. Peresmian pabrik Kitchen and Bath pertama Kohler di Indonesia ini menandai komitmen jangka panjang perusahaan untuk mendukung perekonomian Indonesia.

David Kohler juga menyampaikan optimismenya terhadap potensi strategis pasar Indonesia. Beliau meyakini, pabrik baru ini akan melayani permintaan lokal dengan kualitas tinggi yang sudah menjadi ciri khas Kohler dan akan semakin mudah untuk mendekatkan layanan-layanan Kohler kepada para mitra bisnis dan pelanggannya.

“Indonesia adalah pasar strategis bagi Kohler. Pendirian dan operasional pabrik baru kami di Indonesia merupakan sebuah tonggak pencapaian bagi Kohler yang sudah hadir di negara ini selama 35 tahun. Kami berharap bisa terus melayani para pelanggan melalui investasi dan distribusi khusus di Indonesia,” tutur David Kohler, President dan CEO Kohler Co.

Dalam kesempatan itu, Kohler juga mengumumkan donasi sebesar US$45.000 (atau sekitar Rp630 juta) melalui lembaga Water Mission dalam proyek Safe Water for All untuk kawasan Indonesia. Kohler dan Water Mission sudah bekerja sama menghadirkan solusi air bersih, sanitasi, dan kebersihan (WASH) melalui proyek Safe Water for All di 57 negara termasuk Indonesia, yang meliputi negara berkembang dan para pengungsi di negara yang sedang berkonflik. Inisiatif ini bermuara dari filosofi operasional Kohler, Believing in Better, yang bertekad untuk meningkatkan kualitas hidup bagi generasi saat ini dan masa depan melalui desain, keahlian, dan inovasi.

(rr)