Muhammad Sholich Mubarok - BeningPost

Kiai Haji Zainuddin Hamidi atau yang masyhur dengan nama KH Zainuddin MZ  lahir di Jakarta tanggal 2 maret 1952 adalah salah satu tokoh islam Indonesia yang populer melalui ceramah-ceramahnya di stasiun radio dan televisi. Karena dakwahnya yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat maka ia mendapat julukan 'Da'i sejuta umat'. Anak tunggal dari pasangan Turmudzi dan Zainabun ini pernah menjabat sebagai ketua umum Partai Bintang Reformasi, karena berbagai hal akhirnya kemudian digantikan oleh Bursah Zarnubi.

Seiring pergantian tersebut, terjadilan friksi di dalam partai. Istri dari Hj.Kholilah yang pernah aktif di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mana keterlibatannya tidak bisa lepas dari guru ngajinya KH Idham Chalid ini dikabarkan kembali ke partai berlambang Ka'bah itu atas tawaran Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PPP Suryadharma Ali. Kyai yang kecilnya senang membanyol dan mendongeng ini menempuh pendidikan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah dan berhasil mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

KH Zainuddin yang punya logat betawi sekali ini berpulang ke ilahi pada tanggal 5 Juli 2011 di Jakarta pada usia 59 tahun.