Samsung Galaxy Tab A8 Dipasarkan Dua Jutaan ManTAB dengan Baterai Kuat

Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy Tab A8, tablet dengan baterai kuat 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB yang dapat diperbesar hingga 1TB. Tablet ini dirancang untuk menyajikan pengalaman hiburan hingga multitasking dan sharing antar anggota keluarga yang menyenangkan.

Samsung Home Hub Kelola Semua Pekerjaan Rumah Tangga dari Satu Perangkat Sentral

Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan peluncuran Samsung Home Hub, sebuah cara baru untuk mengelola elektronik rumah tangga melalui sebuah perangkat layar sentuh ala tablet yang inovatif. Perangkat ini menyediakan akses instan ke layanan rumah yang dikustomisasi dan terhubung. Samsung Home Hub menawarkan peningkatan konektivitas dengan berbagai perangkat smart home, dan menggunakan AI dan SmartThings untuk memahami kebutuhan pengguna dan secara otomatis memberikan solusi yang tepat.

Intel Umumkan Prosesor 12th Gen Intel Core untuk IoT

Hari ini (5/1/2022) di CES 2022, Intel meluncurkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ (dengan code-name Alder Lake S-series dan H-series), keluarga prosesor pertama yang ditingkatkan untuk edge dengan fitur performance hybrid architecture yang mengombinasikan Performance-cores dan Efficient-cores dengan Intel® Thread Director. Ditingkatkan untuk mengakselerasi inovasi aplikasi Internet of Things (IoT), prosesor baru ini menawarkan peningkatan jumlah core dan kemampuan grafis/media/layar dan AI yang lebih mutakhir, rentang harga yang lebih luas, performa, dan power, bagi kalangan retail, manufaktur, layanan kesehatan, dan keselamatan digital.

Samsung Perkenalkan MICRO LED, Neo QLED dan Lifestyle TV 2022, Hadirkan Kualitas Gambar dan Fitur yang Cerdas

Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini (3/1/2022) memperkenalkan MICRO LED, Neo QLED dan Lifestyle TV terbarunya, menjelang dimulainya Consumer Electronics Show 2022. Dengan terobosan dalam kualitas gambar dan suara, lebih banyak opsi ukuran layar, pilihan aksesoris yang dapat dikustomisasi, jajaran Samsung TV 2022 selangkah lebih maju membawa visi ‘Screens Everywhere, Screens for All’ menjadi nyata dengan gambar seolah hidup, suara imersif dan pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi.

Lanjutkan Transformasi, Bank Mandiri Perkuat Layanan Digital Perbankan

ank Mandiri terus melanjutkan transformasi mandiri digital sebagai strategi utama dalam mendorong bisnis berkelanjutan. Hal ini ditandai lewat peluncuran Super App Livin' by Mandiri berlogo kuning untuk menghadirkan customer experience selayaknya layanan cabang dalam genggaman. Bank berkode emiten BMRI ini juga merilis Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking.

Studi terbaru dari Zebra Menunjukkan Industri Farmasi Mengalami Krisis Kepercayaan

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), merilis temuan-temuan menarik dari Pharmaceutical Supply Chain Vision Study. Penelitian ini mendapati adanya ketidakpercayaan pasien terhadap obat yang mereka terima dan segmentasi di dalam supply chain farmasi, termasuk pihak yang memproduksi, mendistribusikan, meresepkan dan mengeluarkan obat-obatan tersebut.

Deloitte Meluncurkan Laporan Bertajuk “Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific”

Deloitte hari ini merilis laporan “Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific”, yang menyoroti tren terbaru pada perdagangan lintas batas di kawasan ini yang berkembang menjadi semakin terdigitalisasi, semakin ramah lingkungan dan semakin menjamin masa depan yang berkelanjutan, di mana usaha kecil dan mikro memegang peranan penting.  Berdasarkan hasil survei terhadap bisnis yang terlibat dalam perdagangan lintas batas di kawasan Asia Pasifik, laporan ini memaparkan bahwa perdagangan digital akan semakin mempercepat peningkatan aktivitas e-commerce lintas batas, pengadopsian gaya hidup digital yang sangat cepat oleh konsumen, pengembangan lebih lanjut dari infrastruktur digital dan penguatan kerja sama regional yang dipimpin oleh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Masa keemasan perdagangan digital di kawasan ini diharapkan akan terjadi dalam tiga tahun mendatang. 

Perkuat Transformasi Digital, Pertamina Lubricants Gandeng Google Cloud Indonesia

PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), yang mengelola bisnis pelumas melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Google Cloud Indonesia di Gedung Pertamax, Grha Pertamina hari Senin, 13 Desember 2021. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Finance & Business Support PTPL Catur Dermawan dengan Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie serta disaksikan oleh Direktur Utama PTPL Ageng Giriyono dan Deon Montasser, Head of Enterprise and Corporate Sales, Google Cloud Indonesia.

Salesforce Donasikan USD500.000 untuk UNICEF Bantu Upaya Penanggulangan COVID-19 di Indonesia

Salesforce, pemimpin global dalam bidang CRM, hari ini (7/12/2021) mengumumkan donasi sebesar USD500.000 kepada UNICEF. Dana tersebut akan mendukung program kerja UNICEF di Indonesia dalam membantu masyarakat yang paling terdampak pandemi COVID-19.  Sejak Januari 2021, Indonesia telah memulai untuk memvaksinasi lebih dari 208 juta orang di atas usia 12 tahun, dengan target tambahan 29 juta anak usia 6 hingga 11 tahun yang akan mendapatkan vaksin pada 2022.

Siapkan Usaha Lokal Merambah Pasar Global dengan Teknologi Digital

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 4 Desember 2021 di Konawe, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Produk Lokal Bisa Go Global”.

Zebra Technologies Memperluas Service Center di Indonesia untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator di lini depan bisnis dengan solusi dan mitra yang menghadirkan performa terdepan, hari ini mengumumkan penambahan service center di Indonesia untuk mendukung naiknya permintaan terhadap mobile printer di tanah air. Pasar mobile printer global diperkirakan akan tumbuh secara signifikan pada 2021 – 2023, dan menurut IDC kebutuhan untuk mobile printer di Indonesia meningkat signifikan selama pandemi COVID-19, terutama kebutuhan untuk label kemasan.

Metrodata Academy Berhasil Menyelesaikan Pelatihan dan Sertifikasi Program FGA DTS

PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”), salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Bisnis Solusi & Konsultasi, melalui divisi yang berkaitan dengan pendidikan khususnya dalam bidang TI yaitu Metrodata Academy, tergabung sebagai mitra resmi Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berhasil melatih technical skill dan mengembangkan soft skill para mahasiswa lulusan terbaru melalui program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (“FGA DTS”) yang telah berlangsung secara daring pada 4 - 18 Oktober 2021 lalu.  Program FGA DTS merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 agar dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri. 

Samsung Electronics Ungkapkan Visi ‘Together for Tomorrow’ di CES 2022

Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini (5/1/2022) mengungkapkan visinya untuk masa depan, “Together for tomorrow,” pada acara keynote menjelang dimulainya CES 2022. Pembicara keynote Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO and Head of DX (Device eXperience) Division at Samsung, menyoroti upaya perusahaan untuk mendatangkan era kebersamaan (togetherness) yang baru, dengan pengalaman yang dikustomisasi yang mencerminkan perubahan gaya hidup konsumen, dan inovasi yang menandai kemajuan bagi masyarakat dan juga planet ini.

CES 2022: Intel Raih Pencapaian Besar di Sektor Otomotif, PC dan Grafis

Hari ini (5/1/2022), di acara International Consumer Electronics Show (CES), Intel mendemonstrasikan berbagai kemajuan dan momentum yang dicapai dengan Mobileye, kemajuan menuju kepemimpinan discrete graphic dan peluncuran anggota terbaru dari keluarga 12th Gen Intel® Core™. Dengan tonggak pencapaian ini, Intel melanjutkan komitmennya untuk mendukung industri dan para pelanggan serta mitranya agar dapat memanfaatkan technology superpowers – ubiquitous computing, cloud-to-edge infrastructure, pervasive connectivity dan artificial intelligence – di jantung transformasi digital.

Red Hat Memperkuat Fondasi Transformasi Multicloud dan Inovasi Hybrid dengan Versi Terbaru Red Hat Enterprise Linux

Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan ketersediaan Red Hat Enterprise Linux 8.5, versi terbaru dari platform Linux enterprise terdepan di dunia. Red Hat Enterprise Linux menawarkan open operating system yang umum dan mampu menjangkau berbagai cloud, operasional pusat data tradisional, hingga ke edge.

Humanica dan DataOn Sepakat untuk Merger Ciptakan Provider Solusi HR dan ERP Terbesar di ASEAN

Humanica Public Company Ltd. (SET: HUMAN), penyedia solusi bisnis terkemuka di Thailand, dan DataOn, penyedia teknologi sumber daya manusia (human resources/HR) terkemuka di Asia Pasifik yang bermarkas di Indonesia, memasuki proses letter of intent untuk menggabungkan kedua bisnis dalam transaksi all-stock.   Kesepakatan ini menyatukan dua perusahaan pemimpin pasar di Thailand dan Indonesia untuk menciptakan perusahaan kelas dunia dengan kemampuan melayani pasar yang tumbuh dengan sangat cepat di kawasan ini.

Aruba Perkenalkan Solusi EdgeConnect Microbranch untuk Lingkungan Kerja Hybrid

Aruba, perusahaan Hewlett-Packard Enterprise (NYSE: HPE), hari ini memperkenalkan solusi EdgeConnect Microbranch, solusi jaringan terdepan yang dirancang untuk lingkungan kerja hybrid seperti home-office dan kantor kecil. Solusi ini menyediakan semua layanan tradisional yang aman, seperti yang biasanya didapatkan di kantor, kepada karyawan yang bekerja secara remote melalui satu Wi-Fi access point (AP) – tanpa gateway, agent atau hardware tambahan yang dibutuhkan di lokasi remote.

Red Hat Beri Penghargaan kepada Partner di APAC untuk Dukungan Transformasi Digital dengan Inovasi Open Source

Ekosistem partner Red Hat adalah bagian yang integral dalam upaya Red Hat mengembangkan dan memberikan value bisnis maupun teknis kepada para pelanggan. Sebagai pemain penting dalam transformasi digital, para partner Red Hat telah membantu banyak perusahaan dan bisnis menyusuri lanskap IT yang terus berkembang melalui solusi-solusi open source.

Riset Cloudera: Strategi Data Enterprise adalah Jembatan Menuju Pemulihan Ekonomi Pasca-Pandemi

Cloudera, perusahaan enterprise data cloud, hari ini mengumumkan temuan-temuan penting dari penelitian g;pbal, yang dikerjakan bersama lembaga riset market teknologi, Vanson Bourne. Riset ini mencoba meneliti korelasi antara kematangan strategi data enterprise sebuah perusahaan (didefinisikan sebagai strategi holistik terintegrasi di perusahaan dari semua lini bisnis) dan kinerja bisnisnya. Laporan ini juga mendalami dampak dari pandemi COVID-19 yang masih melanda dan dampak dari ketidakpastian yang ditimbulkan pandemi terhadap bisnis.  

Kenali dan Pahami Ciri Hoaks: Solusi Jitu Melawan Hoaks

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kembali dilaksanakan secara virtual pada 4 Desember 2021 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema saat ini adalah “Menjadi Daerah Pintar di Era Digital”.

HPE (Aruba) Kembali Meraih Posisi Leader dalam Gartner® Magic Quadrant™ untuk ‘Enterprise Wired and WLAN Infrastructure’

Aruba, perusahaan Hewlett Packard Enterprise (NYSE: HPE), hari ini mengumumkan keberhasilan HPE (Aruba) meraih posisi Leader dalam ‘’Magic Quadrant for Enterprise Wired and Wireless LAN Infrastructure’’ dari Gartner Inc dan prestasi ini sudah diraih selama 16 tahun berturut-turut. Selain itu, di dalam laporan penyerta “Critical Capabilities for Enterprise Wired and Wireless LAN Infrastructure” Aruba mendapatkan skor tertinggi dalam tiga dari lima use case – melebihi vendor lain.

Bijak Berinternet Ciptakan Kehidupan Digital Nyaman dan Aman

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 3 Desember 2021 di Palopo, Sulawesi Selatan. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Membangun Kesiapan Masyarakat Menghadapi Transformasi Digital”. Pada kegiatan ini juga atas kerjasama dengan IAIN Palopo.


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.