www.digitalnewsasia.com

Persaingan platform perangkat mobile dimasa mendatang nampaknya akan mengerucut kembali pada dua Operating System besar, yaitu Android dan iOS. Hal ini terlihat dengan tidak berkembangnya platform OS lain hingga saat ini, termasuk bergabungnya BlackBerry ke komunitas Android mulai tahun 2015 lalu.

Meskipun memiliki platfrom BlackBerry 10, perusahaan dari Kanada tersebut nampaknya akan semakin condong dan bergantung pada Android. Isyarat ini terlihat dari ungkapan salah satu direktur senior BlackBerry untuk Asia Pasifik bernama Damian Tay beberapa waktu yang lalu.

Saat peluncuran BlackBerry Priv di India, Damian Tay mengatakan bahwa perusahaan telah membuat Android semakin aman hingga di masa mendatang, BlackBerry kemungkinan hanya akan memakai Android sebagai platform OS.

Dilansir Phone Arena, Damian Tay juga mengungkapkan bahwa Priv merupakan produk transisi perusahaan ke ekosistem Android sebelum kemungkinan nantinya hanya Android sebagai platform untuk lini smartphone.

"Masa depan (BlackBerry) benar-benar (tergantung pada) Android," ujarnya.

Lebih lanjut, Tay berkata bahwa hal tersebut merupakan langkah yang alami karena perusahaan telah merasuk ke ekosistem Android dan bahkan semua solusi enterprise BlackBerry selama ini telah merupakan aplikasi lintas platform.

BlackBerry diketahui berencana untuk membuat perangkat Android lain di tahun 2016 ini. Sementara platform BlackBerry 10.3 akan mendapatkan berbagai perbaikan di bidang keamanan dan privasi.

 

(rr/DZ)