Doa Tifatul untuk Jokowi: Gemukkanlah Badan Beliau ya Allah..

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didoakan supaya lebih gemuk dan selalu sehat agar dapat istikamah menjalankan tugas sebagai Kepala Negara. "Beri petunjuklah Presiden RI Bapak Joko Widodo, gemukkanlah badan beliau ya Allah karena beliau semakin kurus padahal tekad beliau dalam membangun bangsa dan negara ini tetap membaja," kata anggota Komisi III DPR RI Tifatul Sembiring saat membacakan doa penutup Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Ini Penjelasan Menko Darmin Soal Perlambatan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, melambatnya pertumbuhan ekonomi karena saat ini periode yang dinamis, di mana tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi secara global. Pergerakan dinamis sebagai dampak pemulihan krisis global 5 tahun lalu.

Rute Lebih Aman, Spanyol Jadi Incaran imigran

Spanyol diperkirakan akan menggantikan Yunani dalam hal menampung migran. Bukan tanpa alasan, pasalnya, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), jumlah migran yang datang ke Spanyol secara sembunyi-sembunyi melalui laut mengalami lonjakan. Sebaliknya, jumlah migran yang datang melalui laut ke Yunani justru mengalami penurunan.

Gerakan Golkar Bersih Tak Akan Sukses Bila Novanto Belum Ditahan

Gerakan Golkar bersih yang digagas Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) diyakini bakal semakin kuat jika Ketua Umum partai itu, Setya Novanto ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi proyek E-KTP.  Adapun gerakan Golkar bersih itu menuntut digelarnya musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) guna memilih Ketua Umum yang baru pengganti Setya Novanto.

Inilah Alasan Partai Besar Malas Dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018

Partai besar rupanya malas mengusung Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilgub Jabar 2018. Para partai itu melihat bahwa Walikota Bandung itu masih punya beberapa persoalan sehingga posisinya sangat lemah. "Pertama, posisi tawar RK terhadap partai-partai besar masih lemah, sementara dia tidak ingin menjadi cawagub," kata Pengamat politik dari Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Indonesia Arif Susanto Rabu (9/8).  

Meski Dukung Jokowi, Jaksa Agung Tetap Proses Kasus Hary Tanoe

Jaksa Agung HM Prasetyo akan tetap melakukan proses hukum terhadap CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (HT) meskipun Perindo dukung Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Menurut Prasetya, hukum tak bisa dicampuri dengan politik. "Hukum adalah hukum, politik adalah politik. Kalau kita terpengaruh nanti kalian menuduh kita hukum sebagai alat politik," kata Prasetyo di Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (4/8).

Kinerja Kejagung Buruk, Prasetyo Didesak Mundur

Koalisi Pemantau Peradilan yang terdiri dari YLBHI, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum UI, dan Indonesia Corruption Watch (ICW), menuntut Jaksa Agung HM Prasetyo untuk mundur dari jabatannya. "Kami mendesak Jaksa Agung HM Prasetyo untuk mundur dari jabatannya karena memang sudah saatnya," tutur Peneliti ICW Lalola Easter dalam konferensi pers di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/8).

Pertarungan UU Pemilu di MK, Partai Oposisi Tak Mau `Gigit Jari`

Partai politik yang menolak UU Pemilu telah mengajukan gugatan uji materi kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Jika gugatan tersebut ditolak, maka ada kemungkinan partai oposisi yang berseberangan dengan pemerintah dan partai pendukung UU Pemilu bakal kalah atau gigit jari pada Pilpres 2019. Terdapat empat partai yang menolak UU Pemilu, menyusul penetapan pasal presidential threshold 20 persen. Yakni Partai Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS.

Dapat Utangan Hingga Rp1.000 Trilun Tapi Masih Incar Dana Haji, Indonesia Bangkrut?

Penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur terus mendapat kecaman dari masyarakat, terutama umat Islam. Keinginan untuk menggunakan dana milik umat itu semakin menunjukkan negeri ini diancam kebangkrutan, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) jebol. Padahal selama 2,5 tahun pemerintahan Joko Widodo sudah mendapat utangan Rp1.062 triliun.  

Jangan Kaget, Perindo Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Sekretaris Jenderal Partai Perindro Ahmad Rofiq membenarkan pihaknya akan mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres di 2019. "Ya Partai Perindo mau rapimnas kedua, itu bahas agenda pemenangan Perindo di samping akan membahas terkait badan pemenangan pemilu, rekrutmen caleg. Ketiga itu salah satunya," kata Rofiq saat dihubungi, Rabu (2/8).

Trump Pecat Direktur Komunikasi Gedung Putih Anthony Scaramucci

Gedung Putih kembali diwarnai pergolakan. Presiden Donald Trump pada hari Senin waktu setempat memecat Anthony Scaramucci dari jabatannya sebagai direktur komunikasi setelah yang bersangkutan mengeluarkan kata-kata kasar kepada staf senior lainnya. "Anthony Scaramucci akan meninggalkan posisinya sebagai direktur komunikasi Gedung Putih. Bapak Scaramucci merasa lebih baik untuk memberikan Kepala Staf sebuah 'papan tulis' yang bersih dan kemampuan untuk membangun timnya sendiri. Kami mendoakannya yang terbaik," ujar Sarah Huckabee Sanders, Sekretaris Pers Gedung Putih seperti dikutip dari The New York Times pada Selasa (1/8).

KPK: Johanes Marliem Bukan Saksi Kunci Kasus e-KTP

Johanes Marliem bukanlah saksi kunci kasus korupsi KTP elektronik. Dari total 110 saksi yang pernah dihadirkan KPK dalam persidangan dua terdakwa Irman dan Sugiharto, nama Johanes Marliem tidak pernah masuk dalam daftar pemeriksaan.   

Mantan Hakim MK Dituntut 12,5 Tahun Penjara

Mantan hakim Konstitusi Patrialis Akbar dituntut 12,5 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti menerima suap untuk pengurusan uji materi Undang-undang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Mahkamah Konstitusi.

DPR Duduki Posisi Pertama Lembaga Paling Transparan se-ASEAN

DPR yang menempati peringkat pertama dalam transparasi anggaran se-ASEAN versi penelitian Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) menjadi kebanggaan tersendiri. Ini menandakan proses demokrasi yang berjalan di Indonesia sudah sangat baik.  

Trump dan Pence `Enggak Nyambung` dalam Perkara Rusia

Ketika Presiden Donald Trump mengecam Kongres karena legislasi sanksi kepada Rusia, Wakil Presiden Mike Pence malah menyampaikan sanjungan untuk langkah Kongres itu sewaktu lawatan empat hari ke Eropa Timur. Ketika berkunjunga ke Estonia, Georgia dan Montenegro, Pence menyebut UU sanksi Rusia dari Kongres itu memesankan pesan bersama AS kepada Rusia bahwa negara itu harus mengubah perilakunya.

Victor dan Nasdem Enggan Minta Maaf, PAN: Polisi Lanjut Terus!

Sikap Partai Nasdem yang enggan meminta maaf atas pidato kontroversial Victor Laiskodat dipertanyakan Partai Amanat Nasional (PAN). Padahal menurut PAN permintaan minta maaf itu adalah sesuatu yang sederhana. Mengacu persoalan, seyogyanya Ketua Fraksi Nasdem beserta partainya itu dianggap mesti meminta maaf karena sudah menuduh pihak lain.  

Ini Komentar Jokowi Tatkala Banyak Parpol Mendukungnya

Presiden Joko Widodo mengaku dirinya masih fokus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan program-program yang masih dalam proses, yang masih harus diselesaikan. Hal itu dikatakan terkait banyaknya partai politik yang sudah menyampaikan dukungan agar dirinya kembali maju di Pilpres 2019. Seperti diketahui, sejumlah partai politik itu diantaranya Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, Perindo, dan juga Partai Hanura telah menyatakan dukungan untuk Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya.

Perwakilan PAN-Gerindra Polisikan Victor Laiskodat

Surya Iman Wahyudi perwakilan dari Partai Amanat Nasional dan M. Said Bakhri dari Partai Gerindra telah melaporkan Ketua Fraksi Partai NasDem Victor Bungtilu Laiskodat ke Bareskrim Polri, Jumat (4/8). "Pidato politik itu beredar luas, kami menyimak bertentangan ujaran kebencian dan dapat memicu konflik, perlu kita luruskan, dan mengandung penistaan terhadap agama," kata Wahyudi di kantor Bareskrim.

Ada Ormas Terindikasi Anti-Pancasila, Pemerintah: Belum Ada Bukti

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menyatakan pemerintah belum berencana membubarkan organisasi masyarakat (ormas) lain setelah Hizbut Tharir Indonesia (HTI) dibubarkan beberapa waktu lalu. "Polisi kan sudah menyampaikan ke publik bahwa ada indikasi-indikasinya, tapi kan kita belum ada bukti-buktinya, kita kan harus lihat semua," kata Yasonna di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (3/8).

Bikin Sketsa Pelaku Penyiraman Novel, Polri Dibantu Kepolisian Australia

Sebanyak tiga sketsa wajah terduga penyerang Novel Baswedan melewati proses panjang sebelum dicetak. Pembuatannya menggunakan teknologi canggih dan proses konfirmasi yang mendetail. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan sketsa dibuat berdasarkan daya ingat saksi. Lalu, sketsa wajah bisa saja tidak akurat karena ingatan saksi samar akibat bertabrakan dengan aktivitas lainnya, seperti belanja.

NSEAS: 2019, Jokowi Bakal Ditinggalkan Umat Islam

Usaha Joko Widodo mendekati umat Islam untuk memperoleh suara pada pemilihan presiden 2019 mendatang dinilai sia-sia. Pasalnya, saat ini persepsi dan sikap politik umat Islam terhadap Jokowi negatif. Apalagi ditambah dengan sikap Jokowi yang seolah tidak melindungi umat Islam semakin menegaskan umat Islam akan meninggalkan Jokowi. Demikian ditegaskan oleh pengamat politik Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap.  

Sindikat Penjahat Siber Tiongkok `Sukses` Kantongi Rp600 M Setahun

Sindikat penipuan online internasional digulung Tim gabungan dari Kepolisian Tiongkok, Bareskrim Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Depok, dan Polrestabes Surabaya kemarin. Tidak tanggung-tanggung, operasi tersebut dilakukan secara simultan di Jakarta, Surabaya, dan Bali sekaligus. Total 140 orang yang mayoritas WN Tiongkok diamankan.


Ibrahim, Orang Dianggap “Gila” yang Jadi Nabi

Hartono Kohar, Penyuka Ziarah Kubur

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapaknya tiga agama Samawi: Islam, Kristen dan Judaism, maklum pembawa ketiga agama tesebut adalah keturunan nabi Ibrahim. Islam yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ismail, anaknya Ibrahim lewat istrinya Siti Hajar yang konon seorang budak wanita berkulit hitam, sementara Kristiani dan Judaism diterima oleh keturunan Ibrahim lewat istrinya Siti Sarah yang seorang wanita bangsawan cantik berkulit bersih. Jangan heran, kalau sebagian penganut Kristiani dan Judaism merasa mereka lebih tinggi dan memandang rendah kaum muslimin mengingat Nabi mereka lahir dari istri Nabi Ibrahim yang seorang bangsawan.

 

Jill Abramson

Agar Menang, Clinton Harus Meniru Jiwa Perjuangan Sanders

Jill Abramson, Kolumnis politik untuk media `The Guardian`, Editor senior di `New York Times`

Apa yang Bernie Sanders perjuangkan? Selain pidato inspiratif, seorang calon presiden Amerika Serikat (AS) harus memiliki rencana kebijakan dan program kerja yang jelas. Namun, pada suatu pertemuan dengan dewan redaksi New York Daily News, Sanders tidak dapat menjelaskan rencana kebijakannya secara spesifik dan jelas, tanpa membuat negara bangkrut.


Mengapa New York Penting bagi Sanders dan Clinton?

Clinton telah memenangkan lebih banyak negara bagian, mayoritas suara, dan delegasi, namun Sanders memiliki momentum. Sanders memenangkan 7 dari 8 pemilihan pendahuluan terakhir, termasuk pemilihan pendahuluan Wisconsin dan kaukus Wyoming pekan lalu. Namun, pemilihan pendahuluan New York tanggal 19 April dan serangkaian negara bagian lainnya pada 26 April memberikan kesempatan bagi Clinton untuk mengubah wacana, baik secara praktis maupun psikologis.

Jeremy W. Peters

Pemilih Biasa Merasa Tersisihkan oleh `Superdelegate`

Jeremy W. Peters, Koresponden kanal kampanye Pilpres 2016 untuk The New York Times

Selama bertahun-tahun, baik Partai Demokrat maupun Republik telah menggunakan proses berbelit untuk memilih calon presiden, proses yang hanya melibatkan pemilih biasa secara tidak langsung. Ketika rakyat Amerika berbondong-bondong memilih kandidat dari luar partai, gerakan ini dibatasi oleh aturan main partai, dan mereka disadarkan dengan realitas. Kebingungan dan kemarahan mereka menambah kerentanan pemilihan umum atas tuntutan keadilan dan kesetaraan.

 


Tekanan Donald Trump terhadap Imigran akan Menjadi Bumerang

Bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, telah mengemukakan detil rencana pembangunan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko, jika ia menjadi Presiden AS. Trump menyampaikan, Meksiko harus membayar $5-10 millar untuk pembangunan tersebut, jika tidak, Trump berencana untuk memblokir pengiriman uang tenaga kerja Meksiko ke negara asalnya.

Nick Gass

Sanders Kalahkan Clinton di Wisconsin, Apakah Berpengaruh?

Nick Gass, Penulis di portal berita Politico.com

Bernie Sanders menang telak di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Wisconsin, hari Selasa (05/04) lalu, yang merupakan kemenangan ketujuh dari delapan pertarungan melawan Hillary Clinton menuju pertarungan penentu di New York pada 19 April nanti. Kemenangan Sanders dalam dua minggu berturut-turut ini berperan penting untuk membuktikan bahwa ia bisa menjadi ancaman serius bagi Clinton sampai konvensi Partai Demokrat pada bulan Juli di Philadelphia.


Apakah Sanders bisa Mengejar 988 Suara Lagi untuk Memenangkan Nominasi Partai Demokrat?

Setelah kemenangan besar berturut-turut di Washington, Alaska, dan Hawaii pada Sabtu lalu—hari terbaik sepanjang masa kampanyenya—Bernie Sanders mempersempit margin dengan Hillary Clonton. Namun, Sanders masih memiliki pekerjaan rumah yang panjang. Sanders membutuh 988 suara lagi—hampir 57% untuk memenangkan mayoritas suara pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Christina Wilkie

Kartu As Donald Trump untuk Fox News

Christina Wilkie , Wartawan politik, The Huffington Post

Ketika bakal calon presiden Partai Republik Donald Trump menyerang Fox News dan pembawa beritanya, Megyn Kelly, musim panas lalu, banyak pengamat politik melihat manuver tersebut sebagai awal kampanye Trump. Mengapa orang yang mengejar nominasi presiden dari Partai Republik menyerang jaringan media yang memiliki pengaruh besar terhadap elektorat Partai Republik?

 

Dadang Kusnandar

Bukan Buih

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

SETIAP lembaga/ organisasi/ institusi pasti ada saatnya untuk memperbarui kepengurusan/ kepemimpinannya sesuai dengan AD/ART masing-masing. Pembaruan kepengurusan secara regular itu menandakan bahwa lembaga tersebut melaksanakan mekanisme kepengurusannya dengan baik. Sebaliknya jika kepengurusan suatu lembaga tidak berubah, konstan, atau tetap diisi wajah-wajah lama, mempertahankan status quo --maka lembaga tersebut mengalami stagnasi serta gagal dalam hal kaderisasi kepengurusan. Tidak terkecuali lembaga agama seumpama Muhammadiyah. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon 2010-2015 telah berakhir masa baktinya pada Sabtu 19 Maret 2016 dan Minggu 20 Maret 2016  menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di SMK Muhammadiyah Kota Cirebon di Jl. Syarif Abdurahman (dulu bernama Jl. Bahagia). 

Dadang Kusnandar

Gaduh

Dadang Kusnandar, Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kota Cirebon

Presiden Joko Widodo disarankan untuk mengambil langkah yang bijak untuk meredam kegaduhan di kabinet. Tak perlu langsung menindak semua pihak, Jokowi harus lebih dulu menentukan mana menteri yang sebenarnya salah. Jangan sampai kegaduhan berakhir begitu saja, ya sudah yang penting diam. Atau semua yang ribut diganti, tapi perlu dicari siapa yang benar siapa yang salah, kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira awal Maret 2016 yang baru lalu.