www.beningpost.com

Pasokan listrik Rusia kembali bertambah setelah unit Generasi III+ yang berasal dari PLTN Novovoronezh mulai mengaliri listrik pada awal Agustus ini.
 
Generasi III+ yang dikatakan sebagai unit terkuat di Rusia mampu memproduksi listrik sebesar 240 MW. Masa-masa paling kritis telah berhasil dilewati oleh unit ini, yaitu tahap percobaan pengaliran listrik dari generator ke jaringan listrik nasional. Masa kritis ini berlangsung selama 3 jam 35 menit.
 
Direktur Jenderal Rosenergoatom, perusahaan bagian dari Rosatom, BUMN Nuklir asal Rusia, Andrey Petrov dalam keterangan resminya kepada BeningPost.com mengatakan, bahwa hal ini merupakan sebuh pencapaian besar bagi Rusia.
 
“Hal ini merupakan sebuah kemenangan besar bagi kami, yang menandakan hasil dari kerja keras untuk menyelesaikan sebuah proses operasi yag kompleks,” ujar Petrov.
 
Ditegaskannya, seluruh pekerjaan juga telah dilakukan dengan sangat terpercaya dan aman. Seluruh personil kami benar-benar memahami proses pengerjaan dan peralatan yang digunakan.
 
Beroperasinya Generasi III+ ini semakin mengukuhkan Rosatom sebagai perusahaan pemasok tenaga nuklir terbesar di dunia untuk proyek pembangunan PLTN.
 
Beroperasinya unit Generasi III+ juga telah meningkatkan performa kinerja Rosatom dan PLTN Novovoronezh pada khususnya. Faktor keamanan unit ini telah diuji dan telah sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) pasca tragedi Fukushima.
 
Unit ini memiliki sistem keamanan yang pasif, yang mana tetap mampu beroperasi ketika pembangkit dalam keadaan padan dan tanpa intervensi para operator. Saat ini, unit daya Generasi III+ telah dibangun di Amerika Serikat dan Perancis.
 
(rr/Syam)