Foto: Rappler

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dijadwalkan akan mengunjungi DPR RI, Kamis (2/3). Salah satu agendanya, Raja Salman akan menyampaikan pidato di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara, komplek parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan agenda yang diperoleh redaksi, meski ini masih tentatif, berikut ini rincian persiapan dan kegiatan tamu negara selama di komplek gedung wakil rakyat tersebut. Sekitar pukul 11.00 WIB dilakukan pengecekan terakhir persiapan kedatangan Raja Salman serta rombongan delegasi.

Kemudian, pukul 12.30 WIB tamu undangan sudah hadir dan menempati kursi yang telah ditentukan. Lalu, pemutaran film kunjungan Raja Faisal bin Abdul Aziz (Raja Arab Saudi).

Selanjutnya, sekitar pukul 12.45 WIB, pimpinan DPR, Ketua MPR dan Ketua DPD RI sudah tiba di Gedung Nusantara untuk menunggu didalam ruangan VIP. Kemudian, pukul 12.55 Wib pimpinan DPR, Ketua MPR dan Ketua DPD meninggalkan ruang VIP.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Raja Salman tiba didampingi Menteri Koordinator (Menko), Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Luar Negeri Retno Priansari Marsudi disambut Ketua DPR Setya Novanto.

Setelah itu, Setya Novanto memperkenalkan Raja Salman kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Mohammad Saleh dan para Wakil Ketua DPR di Gedung Nusantara. Setelah selesai diperkenalkan, Ketua MPR, Ketua DPD dan para Wakil Ketua DPR mendahului naik ke lantai 3 dan berdiri berjajar didepan pintu utama ruang paripurna.

Sekira jam 13.02 WIB, penandatanganan piagam kedatangan oleh Raja Arab Saudi didampingi ketua DPR. Selesai penandatanganan, Raja Salman dan Ketua DPR masuk lift menuju lantai 3 Gedung Nusantara. Kemudian, disambut Ketua MPR, Ketua DPD dan Wakil Ketua DPR.

Sekitar jam 13.08 WIB, Raja Salman duduk bersama di kursi yang telah disiapkan. Kemudian jam 13.10 WIB, acara dibuka oleh pembawa acara. Lalu, jam 13.11 WIB,‎ sambutan Ketua DPR Setya Novanto. Sekitar pukul 13.2 WIB, Raja Arab King Salman memberikan sambutan. 

Terakhir sekira pukul 13.30 WIB, Raja Salman didampingi pimpinan DPR, Ketua MPR dan Ketua DPD melakukan foto bersama didepan meja paripurna. Setelah itu, Raja Salman langsung meninggalkan Ruang Rapat Paripurna.

(rr/TS)