www.beningpost.com

Kualitas udara yang buruk merupakan salah satu faktor penyebab kematian yang tinggi di beberapa negara berkembang.

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas udara, Edimax menghadirkan produk inovasi terbarunya pendeteksi kualitas udara yang real-time, yaitu AirBox Smart Air-Quality Detector.

Airbox merupakan satu-satunya pendeteksi kualitas udara PM 2.5 yang dilengkapi sensor udara berbasis IoT untuk memberikan informasi kualitas udara berskala global.

“Informasi kualitas udara tersebut dapat diakses real-time melalui sebuah aplikasi bernama Edigreen,” jelas Tina Lau, Country Manager Edimax Technology Indonesia.

Melalui aplikasi Edigreen, pengguna dapat memperoleh infromasi dan peringatan langsung saat level PM 2.5, suhu, dan kelembaban melebihi tingkat yang seharusnya.

Dengan mengetahui tingkat kualitas udara real-time, masyarakat akan dapat mengubah rutinitas dan kebiasaan mereka agar tidak terpengaruh polusi udara.

Menurut Tina Lau, kesadaran tentang kualitas udara belum terlalu tinggi alangkah baiknya kalau sekarang kita mulai memberikan informasi, saling sharing, udara yang selama ini kita hirup terkandung apa saja di dalamnya.

“Dengan alat ini kita jadi tahu, kandungan PM 2.5 berbahaya yang berada di sekitar kita seberapa, sehingga kita dapat mengantisipasinya,” paparnya.

Edimax Airbox telah terpasang dan memberikan data-data akurat mengenai kualitas udara di sejumlah kota besar dunia yang telah mengimplementasikan teknologi Smart City.

Tina Lau melanjutkan bahwa alat pendeteksi udara besutan Edimax tersebut telah terpasang di 2000 titik di enam kota besar Taiwan, dan sebanyak 20.000 titik di beberapa kota besar Korea Selatan.

“Saat ini kami tengah berdiskusi dengan pihak local untuk mengimplementasikan Edimax Airbox di Indonesia,” pungkas Tina Lau.

(rr/Syam)