Ilustrasi | Twitter

Dassault Systèmes (Euronext Paris: #13065, DSY.PA) pada Selasa (10/10), telah mengumumkan peluncuran SOLIDWORKS 2018, rilis terbaru dari portofolio desain 3D dan aplikasi teknisnya.

SOLIDWORKS 2018 dilengkapi dengan solusi end-to-end terpadu untuk desain ke proses manufaktur yang memungkinkan bisnis dari berbagai skala memikirkan kembali pendekatan mereka terhadap cara pembuatan bagian produk dan produk, serta dengan cepat membawa gagasan inovatif ke pasar di era experience economy saat ini.

Dengan platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes, SOLIDWORKS 2018 mendukung desain lengkap industri bisnis melalui strategi manufaktur dengan berbagai solusi yang menyederhanakan interaksi antar disiplin di seluruh alur kerja pengembangan produk.

Proses terpadu ini memanfaatkan manufaktur pintar — arus data yang terhubung dan lancar yang tersedia bagi seluruh tim yang terlibat dalam pengembangan produk kapan saja, di mana saja dan dalam format apa saja, dibutuhkan tanpa harus memindahkan data dari satu sistem ke sistem lainnya.

Gian Paolo Bassi, CEO, SOLIDWORKS, Dassault Systèmes menegaskan, banyak dari tool dan penyempurnaan baru SOLIDWORKS 2018 merespon informasi dan umpan balik dari komunitas SOLIDWORKS, dan melengkapinya dengan kekuatan dan kemampuan yang lebih baik untuk membawa desain ke proses produksi dengan lebih cepat, dengan kualitas lebih baik dan biaya lebih rendah.

“Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan meluncurkan solusi-solusi proses end-to-end tambahan yang bertujuan untuk membantu komunitas meningkatkan hasil bisnisnya,” imbuh Bassi.

Dengan SOLIDWORKS 2018, tim dapat berkolaborasi secara serentak untuk mendesain produk atau bagian produk, memvalidasi fungsi dan manufakturabilitas, mengelola data dan proses terkait, menyederhanakan dan mengotomatisasi proses manufaktur, dan memeriksanya dengan lebih cepat dan hemat biaya.

Setiap perubahan dalam desain atau manufaktur dilakukan dengan cepat dan mudah dikelola, serta secara otomatis berjalan ke semua model, program, gambar dan dokumentasi yang terkait, berkat kekayaan intelektual yang dibenamkan di proses awal perancangan.

Edson Gebo, Owner, Digital Detail & Design, mengatakan, “Banyak desain melibatkan piringan las dan lembaran logam dan kebanyakan orang menggunakan teknik ‘tab and slot’ untuk memperbaiki sendiri bagian untuk pengelasan,”.

 “Fitur tab and slot baru ini sangat menghemat waktu dibandingkan harus membuat fitur-fitur ini secara manual. Kemampuan ini akan benar-benar membantu membawa desain ke pasar dengan lebih cepat.” ujarnya.

Fitur utama dari SOLIDWORKS 2018 untuk proses ini adalah SOLIDWORKS CAM, sebuah aplikasi baru yang menyediakan mesin berbasis aturan dengan kemampuan knowledge capture yang memungkinkan otomatisasi pemrograman manufaktur.

Para desainer dan engineer bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana desain mereka dibuat, mengambil keputusan yang lebih tepat, dan dengan cepat menciptakan bagian purwarupa serta memproduksi secara internal guna menjaga kualitas, biaya dan pengiriman.

Aplikasi ini juga memungkinkan tim untuk menjalankan strategi “build to order” dengan bagian yang disesuaikan yang dirancang dan diprogram secara otomatis dalam hitungan detik, bukan hitungan jam.

(rr)