www.beningpost.com

Asuransi Astra berhasil meraih Indonesia Excellence GCG Awards 2024 dengan titel Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Initiatives Strategies to Maintain Credit Quality (Category: General Insurance) dari Warta Ekonomi.

Warta Ekonomi memberikan penghargaan pada perusahaan yang dengan konsisten menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dalam mengelola kegiatan perusahaannya melalui penghargaan Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2024.

Tema GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability dipilih sebagai tema dikarenakan implementasi tata kelola perusahaan membutuhkan inovasi yang nantinya akan menciptakan etika bisnis yang berdampak positif pada proses pertumbuhan dan stabilisasi ekonomi Indonesia dan keberlanjutan bisnis secara terus menerus.

Dalam penilaiannya, tim peneliti melakukan dua penilaian, yaitu kinerja keuangan (financial performance) dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk maupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis. Tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan pendekatan desk research kuantitatif dan media monitoring kualitatif. Adapun indikator penilaian yang digunakan untuk penghargaan yakni transparansi, independensi, responsibilitas, akuntabilitas, dan kewajaran dan kesetaraan.

Sebagai wujud komitmen manajemen dan perusahaan untuk mematuhi peraturan dan menerapkan good corporate governance, dalam menghadapi berbagai macam risiko, Asuransi Astra melakukan manajemen risiko dengan menerapkan strategi diversifikasi antar lini bisnis yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pelanggan agar antar lini bisnis dapat saling melengkapi dan menyeimbangkan.

Asuransi Astra juga melaksanakan pengendalian fraud dan penerapan strategi fraud di mana salah satunya mengembangkan dan mengimplementasikan Program Integra (Integrity Against Fraud) sebagai upaya pencegahan dan pendeteksian fraud serta mendorong budaya kerja perusahaan yang sehat dan akuntabel.

Selain itu, Asuransi Astra juga menerapkan Governance, Risk, Compliance (GRC) terintegrasi sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian bersama dalam menunjang keberlangsungan hidup dunia serta pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

Pada tahun 2023, Asuransi Astra kembali berupaya memberikan peace of mind bagi masyarakat dengan melanjutkan langkah Estafet Peduli Bumi, yang telah berlangsung di 11 Kota di Indonesia. Kegiatan ini dijadikan wadah dalam mendorong kegiatan Environment, Social, & Government (ESG) Asuransi Astra untuk mengimplementasikan prinsip Sustainability sebagai upaya melaksanakan tanggung jawab sosial dan mengelola lingkungan hidup secara berkesinambungan. Selain mengangkat prinsip berkelanjutan, Asuransi Astra juga mendorong prinsip sinergi Pentahelix dengan melakukan kolaborasi dan menggabungkan berbagai pihak diantaranya Academy, Business, Community, Government, dan Media (ABCGM). Asuransi Astra mengusung pada keempat pilar, antara lain pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan.  

Telah berdiri selama 67 tahun, Asuransi Astra terus berkomitmen untuk memberikan peace of mind kepada semua pelanggannya dengan secara konsisten meningkatkan kualitas layanan dan mengembangkan produknya. Perusahaan juga turut serta dalam perubahan dan kemajuan digital guna dapat terus memenuhi kebutuhan dan memudahkan pelanggan dalam setiap kebutuhannya seperti produk asuransi digital Garda Healthtech, Garda Me, Garda Trip, Garda Edu, dan Garda Home, hingga layanan digital melalui Garda Mobile Otocare dan Garda Mobile Medcare serta fitur terbaru E-Appointment untuk pelanggan Garda Medika, fitur yang memudahkan dalam membuat janji temu dengan dokter sesuai dengan waktu yang diinginkan dengan melakukan scan QR code atau memasukkan nomor kode booking  ke anjungan pendaftaran mandiri, tanpa perlu antre pada aplikasi Garda Mobile Medcare.  

“Tentunya, kami ucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada Asuransi Astra ini. Semoga melalui penghargaan luar biasa ini, dapat menjadi motivasi bagi kami agar dapat terus konsisten menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi nyata pada sektor ekonomi perusahaan maupun Indonesia secara berkelanjutan. Karena kami percaya tata kelola perusahaan yang kuat dan efektif membantu menumbuhkan budaya integritas perusahaan, yang mengarah pada kinerja positif dan bisnis yang berkelanjutan secara keseluruhan baik individu maupun tim. Ketika sebuah perusahaan memiliki tata kelola perusahaan yang solid, hal ini memberikan sinyal kepada masyarakat bahwa organisasi dikelola dengan baik dan kepentingan manajemen selaras dengan pemangku kepentingan lainnya,” Ujar VP Governance, Risk Management, and Compliance Asuransi Astra, Djoko Anindito.

(rr/Syam)