www.beningpost.com

Astra kembali menggelar Astra Siaga Lebaran dengan tema “Mudik Aman, Lancar, dan Nyaman dengan Hadirnya Layanan Siaga Astra”. Kegiatan ini memberikan dukungan rasa aman dan nayaman dalam rutinitas masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Astra Siaga Lebaran 2024 akan menyediakan 299 bengkel siaga dan 800 teknisi di sepanjang jalur Pulau Jawa, Bali, hingga Sumatra yang akan berlangsung sejak tanggal 5 hingga 14 April 2024. 

Kegiatan Kick Off Astra Siaga Lebaran 2024 digelar di Catur Dharma Hall, Menara Astra, Jakarta, pada hari ini, Senin (1/4). Acara ini dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro beserta Direksi Astra. 

“Astra Siaga Lebaran 2024 merupakan wujud nyata Grup Astra dalam mendukung kelancaran aktivitas mudik Lebaran agar perjalanan para pelanggan aman, lancar, dan nyaman. Tahun ini kami menyediakan pos-pos siaga yang tersebar di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa, Bali hingga ke Sumatra dengan 600 teknisi roda empat dan 205 mekanik roda dua yang bersiaga, di antaranya di Tebing Tinggi, Palembang, Lampung, Merak, Cikampek, Purbaleunyi, Cipali, Palikanci, Brebes, Salatiga, Jombang, Probolinggo, dan Tabanan,” ungkap Direktur Astra Johannes Loman. 

Pada tahun ini, Astra Siaga Lebaran 2024 turut menambah 130 bengkel siaga Astra untuk roda empat, dan 169 untuk roda dua yang tersebar di seluruh Indonesia dan tetap beroperasi dalam jam kerja normal pada hari libur cuti Lebaran, agar kendaraan para pemudik tetap mendapatkan perawatan terbaik selama liburan mudik Lebaran. 

Selain itu, 61 Garda Siaga 24 jam dan 66 Emergency Roadside Assistance akan turut serta memberikan bantuan darurat kepada para pemudik.  

Pada kesempatan yang sama, Astra Siaga Lebaran tahun ini turut menyiapkan armada layanan darurat di jalan untuk pemudik, yang diperkuat dengan Armada Garda Siaga dari Asuransi Astra serta Armada Emergency Roadside Assistance AstraWorld untuk kendaraan roda empat. 

Terdapat 16 Pos Siaga roda empat Astra di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa, Bali dan Sumatra, ya kni: 

  • Tebing Tinggi: Sumatra Utara (rest area 65 A, Ruas Tol Kuala Namu - Tebing Tinggi, Sumatera Utara).
  • Palembang: Pondok Pindang Bu ljah Jl. Sriwijaya No. 16 Karya Jaya, Kec. Kertapati. Kota Palembang, Sumatra Selatan.
  • Lampung: Rest area tol Bakauheni – Kayu Agung KM 163 A & Rest Area 49 A Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Beşar.
  • Merak: Tol Jakarta Merak rest area KM 68.
  • Purbaleunyi: Rest area tol Purbaleunyi KM 72 A.
  • Cikampek: Tol Cikampek rest area KM 57 A & KM 62 B.
  • Cipali: Rest area tol Cipali KM 166 A.
  • Palikanci: Rest area Tol Palimanan - Kanci KM 207 A.
  • Brebes: Rest area heritage KM 260 B.
  • Salatiga A: Rest area tol Semarang – Solo KM 456 A.
  • Salatiga B: Rest area tol Semarang – Solo KM 456 B.
  • Jombang: Rest area tol Jombang – Mojokerto KM 695 A.
  • Probolinggo: SPBU 54.68.310 Utama Raya, Situbondo.
  • Tabanan: SPBU 54.82.111 Jl. Raya Denpasar - Gilimanuk, Lalanglinggah Kec. Selemandeg Baru Tabanan, Bali.

Di Pos Siaga Astra para pemudik dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan berupa servis ringan dan menggunakan fasilitas yang tersedia di Pos Rehat Astra, seperti makanan dan minuman ringan, serta penggunaan jaringan wifi gratis.    

Sebagai wujud nyata dukungan gerakan keberlanjutan. Astra juga menyediakan 3 stasiun pengisian energi listrik untuk kendaraan roda empat di beberapa ruas tol yang ada di Pulau Jawa, antara lain: 

  • Jombang: Rest area tol Jombang – Mojokerto KM 695A.
  • Salatiga B: Rest area tol Semarang – Solo KM 456 B.
  • Brebes: Rest area Heritage KM 260 B.

Kolaborasi Grup Astra Dukung Layanan Mudik Terintegrasi 

Astra Siaga Lebaran 2024 dapat berlangsung melalui dukungan lebih dari 600 teknisi mobil yang melayani pemudik di Pos Siaga dan Bengkel Siaga, serta layanan darurat berkualitas dari ERA AstraWorld dan juga Garda Siaga 24 Jam.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua, 205 mekanik AHASS siap melayani pemudik di Posko Mudik Honda, AHASS Siaga+, AHASS Siaga. Serta tersedia juga 240 Honda Care yang membantu layanan darurat di jalan sekitar lokasi pemudik. 

Semua fasilitas Astra Siaga Lebaran 2024 yang diberikan bagi para pemudik merupakan hasil kolaborasi dan sinergi dari berbagai perusahaan Grup Astra, antara lain Astra Daihatsu, Auto2000, Astra Isuzu, BMW Astra, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, Lexus Sales Operation, Garda Oto, FIF Group, Toyota Astra Financial Services, Astra Credit Companies (ACC), AstraPay, Astra Otopower, Astra Infra, Astra Honda Motor, Astra Motor, OLXMobbi, SEVA, dan AstraWorld.

(rr/Syam)