www.beningpost.com

Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Hari Raya biasa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Bagi sebagian orang, tradisi yang dilakukan menjelang Idul Fitri adalah mudik.

Jika Anda melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mobil pribadi, maka pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan prima untuk menjaga keamanan berkendara. Kali ini, Hyundai Gowa akan menjelaskan komponen mobil yang perlu diperiksa sebelum memulai perjalanan mudik.

Oli

Oli adalah cairan yang dibutuhkan mobil sebagai pelumas untuk pergerakan mesin dan penggerak lainnya. Jika oli sudah tidak layak pakai atau habis, maka bisa menimbulkan masalah di jalan. Periksa mulai dari oli mesin, oli transmisi, hingga oli gardan.

Ban Mobil dan Kaki kaki

Periksa keadaan ban mobil apakah masih layak berjalan atau sudah mulai botak. Jika ban sudah mulai botak atau aus, maka Anda perlu menggantinya. Cek juga tekanan angin ban untuk perjalanan yang nyaman, hemat bahan bakar, dan menghindari pecah ban.

Bagian kaki-kami mempengaruhi kenyamanan berkendara. Perhatikan bearing roda dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kerusakan karena dapat membuat mobil tidak dapat berjalan sebelum bearing diperbaiki.

Aki

Aki mobil adalah sumber utama kelistrikan mobil. Jangan sampai aki mobil bermasalah, yang mengakibatkan mesin tidak bisa dihidupkan.

Shock Absorber

Periksa kondisi shock absorber atau shock breaker untuk meminimalisir guncangan di sepanjang perjalanan saat suspensi bekerja.

Rem

Wajib untuk periksa sistem rem terutama sebelum perjalanan jauh agar meningkatkan keamanan berkendara. Anda perlu memeriksa minyak rem, karena minyak rem yang kotor akan berpengaruh ke kinerja rem. Selain itu, cek kondisi kampas rem untuk menghindari rem blong dan kecelakaan.

Filter dan Cairan Mobil

Jangan lupa untuk periksa kondisi saringan filter pada mobil, seperti filter AC, filter udara, filter bensin, filter oli, dan filter kabin. Filter yang kotor akan memperburuk dan mengkontaminasi kinerja mesin mobil.

Air radiator berfungsi untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil. Pastikan air radiator cukup dengan batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya.

Wiper dan Lampu

Wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga penglihatan pengemudi. Pastikan wiper berfungsi dengan baik untuk membersihkan kaca mobil agar tidak mengganggu pandangan. 

Cek kondisi lampu, mulai dari lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan lampu kabut. Apabila ada lampu yang bermasalah, segera ganti lampu. Bawa serta lampu cadangan untuk berjaga-jaga jika ada lampu yang mati di tengah perjalanan.

Untuk menjaga perjalanan mudik tetap aman dan nyaman, segera bawa mobil Hyundai-mu ke bengkel resmi Hyundai Gowa untuk pengecekan kendaraan yang lebih akurat. Sesuai dengan tagline­-nya, “Hyundai Gowa, Your First Choice!”, pilih servis berkala di cabang Hyundai Gowa terdekat. Tentu ada alasannya, karena hanya di Hyundai Gowa Anda akan mendapatkan pengecekan lengkap untuk 32 item penting pada mobil yang mempengaruhi keamanan dan kenyamanan berkendara, seperti cek kondisi ban dan roda, rem, wiper, air radiator, AC, aki, oli mesin, shock absorber, hingga klakson.

Bagi Anda yang ingin mengganti oli, jangan lewatkan Paket Servis SaHaRa (Sambut Hari Raya), dimana pelanggan akan mendapat gratis bonus satu item, diantaranya adalah AC Cleaner Foam, Cabin Cleaner, 1 Oli Mobil, Wiper Fluid, atau Coolant Mobil.

Ferry, Chief Operation Officer Hyundai Gowa, menyampaikan, “Hyundai Gowa siap memastikan kondisi kendaraan pelanggan dalam keadaan prima untuk mudik lebaran. Kami siap mendukung mobilitas dan keselamatan berkendara untuk momen istimewa di hari raya lebaran.”

Untuk informasi lebih lanjut atau booking reservasi, silahkan hubungi call center Hyundai Gowa 0812 1000 9400 atau kunjungi website www.hyundaigowa.com 

(rr/Syam)