www.beningpost.com

Kewajiban menjaga kondisi mobil tidak selesai ketika AutoFamily sampai ke rumah setelah mudik Lebaran. Justru ini merupakan momen krusial untuk memastikan mobil tidak ada kendala setelah berjalan ratusan bahkan ribuan kilometer dengan kondisi berkendara yang berat dan tidak terduga.

“Meskipun mudik Lebaran telah usai, jangan lupa pastikan tidak ada masalah pada mobil mengingat tugas berat di jalan. Selain jarak tempuh yang panjang, durasi berkendara yang jauh lebih lama akibat macet membuat mesin bekerja ekstra berat. Ditambah, muatan mobil penuh, hujan deras, dan risiko masalah seperti menabrak lubang dengan kecepatan tinggi dapat menurunkan kondisi kendaraan,” jelas Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Senin (15/4/2024).

Penyebab Kondisi Mobil Turun Saat Mudik Lebaran

Seperti diketahui bersama, ada jutaan orang yang mudik menggunakan transportasi darat seperti mobil pribadi. Alhasil, beberapa titik akan mengalami kemacetan luar biasa seperti di lokasi penyeberangan laut dan gerbang tol. Dalam kondisi ini, mesin harus bekerja ekstra keras karena mobil berhenti sampai berjam-jam.

Padahal, rute perjalanan mudik pasti mencapai ratusan hingga ribuan kilometer tergantung tujuan mudik AutoFamily. Dalam kondisi normal saja sudah menguras tenaga mobil, apalagi kalau sampai terkena macet parah. Ditambah, hampir pasti mobil diisi penuh oleh penumpang dan barang, serta risiko mobil kehujanan yang membuatnya semakin bekerja keras.

Yang tidak kalah penting adalah risiko kerusakan akibat kondisi jalan yang tidak terduga. Seperti menabrak lubang jalan dengan kecepatan tinggi yang berpotensi merusak komponen kaki-kaki mobil. Atau terjadi masalah pada cairan mobil, seperti oli mesin dan radiator coolant berkurang yang dapat memicu masalah lebih besar kalau diabaikan.

Setelah pulang ke rumah, lakukan langkah pengecekan beberapa komponen penting untuk memastikan tidak ada masalah berarti yang dapat mengganggu kinerja mobil berikut ini:

#1. Ban Mobil Bekerja Paling Berat

Posisinya yang langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan membuat ban harus bekerja keras di momen mudik Lebaran. Untuk itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah. Lihat tanda keausan telapak ban dan segera ganti ban jika sudah tidak layak.

Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban mobil yang rusak akan memicu masalah besar jika diabaikan. Segera ganti ban yang bermasalah dengan memesan lewat menu Purnajual -> Aksesoris dan Kupon Servis di website Auto2000.

#2. Kaki-kaki Mobil Jangan Diabaikan

Perhatikan kaki-kaki mobil dari rembesan oli, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah. Shock absorber tidak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

#3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tugas oli mesin adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu melepaskan panas mesin, dan membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. Cek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warna oli mesin, kalau sampai warnanya berubah coklat susu merupakan indikator tercampur air.

#4. Cairan Rem Harus Bersih

Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor. Gunakan TMO Brake Fluid untuk menambah cairan rem yang berkurang.

#5. Radiator Coolant Harus Penuh

Radiator radiator tidak boleh habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh yang wajib dikuras supaya tidak bermasalah. Gunakan TMO Radiator Coolant untuk fungsi pendingin paling optimal.

#6. Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

Cairan mobil seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, bersama cairan power steering hidrolis wajib diperiksa kembali. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna karena berarti ada masalah yang harus segera ditangani.

#7. Bersihkan Kabin Mobil

Kabin mobil pasti kotor saat mudik Lebaran, terutama kalau membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

Lakukan servis berkala dengan berkunjung ke bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service via website Auto2000. Servis berkala sudah berikut pemeriksaan parts di atas sehingga dapat diketahui kondisi terakhir mobil. Segera lakukan perbaikan apabila ada kerusakan sehingga tidak membuat mobil terkendala.

Atau kalau sudah terdeteksi kerusakan saat masih di kampung halaman, jangan ragu untuk mendatangi bengkel Auto2000 terdekat untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Nah Auto2000 juga menyediakan hadiah menarik, apabila melakukan servis berkala di Bengkel Auto2000 bisa membawa pulang 1 dari 200 sepeda motor Honda BeAT, periodenya sampai akhir Juni 2024. Syaratnya, lakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS - Auto2000 Home Service untuk memperoleh 1 nomor undian. Termasuk perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000 (minimal transaksi Rp 3 juta untuk transaksi di BP Auto2000). Syarat dan ketentuan berlaku.

“Urusan Toyota lebih mudah, silakan menjalankan servis berkala untuk pengecekan komponen mobil di bengkel Auto200 atau memanggil petugas THS – Auto2000 Home Service ke rumah pascamudik. Manfaatkan kesempatan membawa pulang satu unit sepeda motor matic untuk setiap servis berkala di bengkel Auto2000,” tutup Nur Imansyah Tara.

(rr/Syam)