www.huffingtonpost.com

Guna tampil maksimal dalam sesi wawancara kerja, sejumlah persiapan pun harus kamu lakukan. Mulai dari menunjukkan berbagai prestasi akademik sampai pengalaman diluar akademik yang kamu dapatkan selama kuliah.

Namun, ada faktor penentu lainnya yang juga mempengaruhi keberhasilan sesi wawancara kerjamu. Berikut ini beberapa penentu keberhasilan wawancara kerja yang juga patut kamu perhatikan seperti dilansir laman Okezone.com.

Percaya Diri

Sepintar apapun dirimu, jika kamu tidak tampil percaya diri dalam menjelaskan kelebihan dan prestasi yang kamu miliki, tidak akan menarik perhatian HRD. Karena itu, berlatihlah untuk bisa tampil percaya diri. Supaya kesempatan kerjamu tidak pergi.

Penampilan

Menghadiri sesi wawancara adalah momen yang tepat meunjukkan siapa dirimu. Hal pertama yang akan diperhatikan yakni pada penampilan. Siapkan sejumlah pakaian yang akan kamu kenakan dan pastikan itu nyaman untuk kamu kenakan. Tidak perlu terlalu mewah, namun sanggup menunjukkan sisi profesionalitasmu.

Bahasa Tubuh

Dalam sesi wawancara, pastikan kamu bisa mengatur bahasa tubuh yang kamu tunjukkan. Mulai dari cara bicara, cara berjabat tangan sampai menatap HRD saat wawancara berlangsung.

Ramah

Bersikaplah ramah, karena hal itu bisa menarik perhatian HRD untuk mau bercengkramah denganmu dalam proses wawancara tersebut. Jangan menyombongkan diri dengan segala kelebihan yang kamu miliki.

 

(rr/DZ)